Viral Sinamot 1 M Di Tarutung, Inikah Penjelasannya

7 Jan

Fonetekno.com Hai sahabat media, kali ini admin akan membagikan informasi tentang Viral Sinamot 1 M Di Tarutung, Inikah Penjelasannya. Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Mengenai pasangan pengantin dengan label sinamot 1 M di Gedung Serbaguna, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara bukanlah orang biasa.

Pernikahan antara Alfredy Simamora dan Anggi Yunanda Boru Simanjuntak yang berlangsung pada, Kamis, 17 Juni 2021 menghebohkan jagat dunia maya baik di jejaring TikTok, Facebook, dan Youtube.

Di dalam video tersebut terlihat persiapan tempat di gedung serbaguna Tarutung. Lalu Terlihat kedua mempelai memasuki gedung yang terlihat puluhan orang di dalam gedung tersebut mengabadikan momen tersebut.

Pengertian Sinamot 1 M Di Tarutung

Banyak yang menyangsikan adanya Sinamot 1 M Tarutung ini. Adapula yang berkomentar bahwa besaran jumlah Rp 1 M di Tarutung merupakan total biaya pernikahan, benarkah tarutung merupakan sebuah Kecamatan di Tapanuli utara di Provinsi Sumatera Utara.

Seperti di Wilayah lainnya di Sumatera Utara, Kecamatan ini juga di diami warga Batak. Melansir penelitian yang di lakukan Helga Septiani Manik. Dalam judul makna dan fungsi adat tradisi Sinamot dalam adat perkawinan suku bangsa Batak Toba di perantauan Surabaya di tahun 2011, berikut ulasan terkait Sinamot.

Helga menuliskan dalam menuliskan dalam perkawinan suku Batak Toba. Adat perkawinan yang berlaku adalah eksogami dan perkawinan dalam satu marga adalah di larang.

“Awalnya perkawinan di definisikan sebagai pembelian seorang wanita di mana perempuan di bebaskan dari keluarga mereka setelah transaksi pembayarannya telah di sepakati sebelumnya. Transaksi dapat berupa pembayaran dengan barang-barang berharga, hewan (Babi, Kerbau, Sapi) atau sejumlah uang untuk di berikan pihak perempuan. Proses transaksi ini di sebut Sinamot.”tulisnya.

Ia menjelaskan bahwa tradisi Sinamot di tempat asal yakni di Batak Toba. Merupakan sarana untuk mengikat hubungan antara kedua kelompok kekerabatan yang bersangkutan. Sinamot menjadi salah satu serangakaian perkawinan tradisional yang di validasi dan di setujui oleh masyarakat suku Toba Batak itu sendiri, lanjutnya.

Sinamot dapat di artikan mahar seperti yang di lansir Kemendikbud. Besaran mahar di tentukan oleh pihak orang tua mempelai wanita,

Besaran tersebut di penuhi oleh pihak laki-laki yang ingin menikahi mempelai wanita. Nah, itulah pengertian dari Sinamot tersebut.

Penutup

Demikian ulasan tentang Viral Sinamot 1 M Di Tarutung untuk sahabat media semoga bermanfaat. Dan Jangan lupa kunjungi terus website kami Fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *