Tips Menghemat Kuota Internet Saat Tethering Ke Laptop

fonetekno.com – Sobat fone dalam artikel kali ini admin akan berbagi solusi untuk kalian tentang Tips Menghemat Kuota Internet Saat Tethering Ke Laptop.

Untuk penggunaan kuota internet yang digunakan pada ponsel kita biasanya pasti sudah dapat terdeteksi seberapa banyak penggunaannya.

Akan tetapi apakah Anda sudah mengetahui ketika melakukan teathering kuota internet ke laptop seberapa besar penggunaannya?

Menurut beberapa sumber yang admin ketahui bahwa, ketika kita melakukan teathering atau terhubung dengan WiFi ponsel Anda, akan lebih banyak menghabiskan kuota atau dapat dikatakan boros.

Baca Juga:

Sebab sebagian besar segala akses yang digunakan dalam laptop tersebut akan memakan otomatis kuota internet yang telah terhubung ke laptop.

Tips Menghemat Kuota Internet Saat Tethering Ke Laptop

Tips Menghemat Kuota Internet Saat Tethering Ke Laptop

Untuk Anda yang saat ini belum mengetahui cara menghemat kuota internet yang telah terhubung ke laptop, maka berikut dibawah ini beberapa tips yang harus disimak.

1. Batasi Kapasitas Data Yang Digunakan

Langkah pertama untuk menghemat kuota internet yang terhubung ke laptop yakni dengan membatasi penggunaan data yang telah digunakan.

Maka dengan adanya pengaturan yang berlaku ini tentu akan membuat internet otomatis terputus apabila telah mencapai batas akses yang telah ditetapkan.

Adapun untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu “Setting” pada ponsel.
  • Pilih data “Usage”.
  • Aktifkan “Set mobile data limit”.
  • Terakhir atur dan ubahlah batas angka yang Anda butuhkan.

2. Aktifkan Fitur Power Save pada Ponsel

Langkah selanjutnya dapat mengaktifkan fitur power save pada ponsel yang Anda gunakan sebagai teathering, dengan menggunakan fitur ini maka Anda dapat mengatur data internet yang digunakan.

Contohnya, 5 atau 10GB, selain itu juga dapat mengatur di jangka waktu tertentu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu ‘setting’.
  • Pilih ‘tethering and portable hotspot’.
  • Lalu cari menu ‘portable wifi hotspot setting’.
  • Ubah ‘power save’ menjadi satuan waktu.
  • Selanjutnya atur kemudian klik ‘ok’.

3. Pintar Dalam Melakukan Browsing

Banyaknya jumlah kuota yang dihabiskan ketika tethering itu tergantung pada website atau content yang Anda kunjungi, maka kami sarankan hindarilah streaming video seperti YouTube dan streaming musik di Souncloud.

Apabila sering membuka beberapa website, pilihlah web yang memang memiliki page ringan dan tidak banyak konten gambar dan flash, karena biasanya akan menguras kuota kalian.

Baca Juga:

4. Non Aktifkan Cloud di Google Drive atau Dropbox

Cloud merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna untuk mengakses data mereka melalui komputer dengan menggunakan akses internet.

Karena could cukup banyak memakan kuota, apalagi jika datanya memiliki ukuran yang cukup besar. Maka dari itu, sementara matikan cloud-nya baik yang menggunakan Dropbox atau Google Drive.

5. Matikan Pembaruan Windows di Laptop

Biasanya windows 10 akan otomatis melakukan pembaruan ketika terhubung ke internet. Hal ini tentu akan menguras kuota internet lebih banyak. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya matikan pembaruan sementara waktu atau dipause.

Caranya yaitu dengan membuka menu ‘start’, lalu ketik ‘control panel’ di kolom search. Lalu pilih ‘system and security’ yang berada di urutan paling atas, kemudian scroll ke bawah dan pilih ‘administravite tools’ dan klik ‘services’.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa Tips Menghemat Kuota Internet Saat Tethering Ke Laptop, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dalam artikel kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.