Fungsi SWOT Dalam Dunia Bisnis

Fonetekno.com hai sahabat media kembali lagi bersama admin. Kali ini akan membagikan informasi tentang Fungsi SWOT Dalam Dunia Bisnis. Untuk selengkapnya yuk simak artikelnya di bawah ini.

Kepanjangan SWOT adalah Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats, Dengan kata lain, SWOT dapat di artikan sebagai analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang di gunakan untuk mengevaluasi perusahaan dan mengembangkan perencanaan strategis.

Dalam hal ini, analisis SWOT juga menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi yang di miliki saat ini maupun masa depan yang akan datang.

Semakin lengkap analisis SWOT yang di susun, maka pemilik perusahaan semakin mengenal setiap potensi, kelemahan, peluang, dan ancaman yang bisa terjadi saat bisnis mulai bersaing.

Fungsi SWOT

Fungsi dari analisis SWOT di rancang untuk memfasilitasi tampilan yang realistis, berbasis fakta, dan berdasarkan data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisaiatif, atau dalam industrinya.

Dalam hal ini, organisasi perlu menjaga agar analisi tetap akurat. Perusahaan bisa menggunakan analisis SWOT sebagai panduan dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis yang akan di rintis.

Cara menyusun analisis SWOT

Dalam penyusunan SWOT, Anda bisa menggunakan data internal dan eksternal untuk menyusun strategi perusahaan. Berikut adalah cara menyusun analisis SWOT di antaranya:

1. Kekuatan

Analisis strengths atau kekuatan di susun dari berbagai keunggulan yang di miliki oleh perusahaan. Mulai dari merek yang kuat, basis pelanggan yang loyal, neraca yang kuat, teknoligi yang unik, dan sebagainya.

2. Kelemahan

Analisis weakness atau kelemahan berisi berbagai hal dalam perusahaan yang perlu di tingkatkan agar tetap kompetitif untuk bersaing di pasar. Kelemahan ini dapat berupa merek yang lemah, tingkat utang yang tinggi, rantai pasokan yang tidak memadai, atau kekurangan modal.

3. Peluang

Analisis opportunities atau peluang yaitu mengacu pada faktor eksternal yang menguntungkan yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Misalnya, jika suatu negara memotong tarif, produsen mobil dapat mengekspor mobilnya ke pasar baru, sehingga meningkatkan penjualan dan pangsa pasar.

4. Ancaman

Analisis terakhir adalah threats atau ancaman yang mengacu pada faktor-faktor yang berpotensi merugikan organisasi. Misalnya, kekeringan merupakan ancaman bagi perusahaan penghasil gandum, karena dapat merusak atau mengurangi hasil panen.

Ancaman umum lainnya termasuk hal-hal seperti kenaikan biaya bahan, meningkatnya persaingan, pasokan tenaga kerja yang ketat dan seterusnya.

Panduan menyusun analisis SWOT

Dalam hal ini panduan analisis SWOT di bagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal, berikut penjelasnya:

1. Internal

Data internal merupakan segala sesuatu yang ada atau terjadi di dalam perusahaan berfungsi sebagai sumber informasi yang bagus untuk kategori kekuatan dan kelemahan dari analisis SWOT. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa menjadi panduan dalam menentukan kekuatan dan kelemahan.

  • (Kekuatan) apa yang bisa di lakukan perusahaan dengan baik?
  • (Kekuatan) Apa aset terkuat perusahaan?
  • (Kelemahan) Apa pencela perusahaan?
  • (Kelemahan) Apa lini produk perusahaan yang berkinerja paling rendah?

2. Eksternal

Data eksternal merupakan segala sesuatu sesuatu yang ada atau terjadi di luar perusahaan sama pentingnya dengan kesuksesan perusahaan seperti faktor internal. Pengaruh eksternal, seperti kebijakan moneter, perubahan pasar, dan akses ke pemasok, adalah kategori yang dapat di tarik untuk membuat daftar peluang dan kelemahan. Berikut beberapa pertanyaan dalam menentukan peluang dan ancaman:

  • (Peluang) Tren apa yang terbukti di pasar?
  • (Peluang) Demografi apa yang tidak menjadi target perusahaan?
  • (Ancaman) Berapa banyak pesaing yang ada, dan berapa pangsa pasar mereka?
  • (Ancaman) Apakah ada peraturan baru yang berpotensi membahayakan operasi atau produk perusahaan?

Penutup

Demikian informasi yang admin sampaikan mengenai Fungsi SWOT Dalam Dunia Bisnis untuk sahabat media dapat bermanfaat. Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat membantu pencarian kalian. Jangan lupa kunjungi terus website kami Fonetekno.com untuk ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.