Perjanjian Jual Beli

7 Agu

Fonetekno.com– Beranda “sumber daya” pengetahuan “Penawaran & Transaksi” Perjanjian Jual Beli, yu simak ulasannya hingga ahir

Apa itu Perjanjian Jual Beli (SPA)?

Perjanjian Jual Beli (Spa) adalah kontrak yang mengikat secara hukum yang menguraikan kondisi yang disepakati pembeli dan penjual properti (misalnya, korporasi).

Ini adalah dokumen hukum utama dalam setiap proses penjualan. Intinya, ini menetapkan elemen kesepakatan yang disepakati, mencakup sejumlah perlindungan penting bagi semua pihak yang terlibat dan menyediakan kerangka hukum untuk menyelesaikan penjualan. Oleh karena itu SPA sangat penting bagi penjual dan pembeli.

Pada dasarnya, perjanjian jual beli menjabarkan semua detail transaksi sehingga kedua belah pihak memiliki pemahaman yang sama.

Baca Juga:

MEMULAI SEBUAH PETERNAKAN IKAN: 10 HAL YANG HARUS KAU MULAI Pertanian Ikan
Apa Itu Token Moonbeam (GLMR) Dalam Cryptocurrency dan Berapa Harganya?

Di antara ketentuan yang biasanya termasuk dalam Perjanjian adalah harga pembelian, Tanggal Penutupan, jumlah uang sungguh-sungguh yang harus diserahkan pembeli sebagai setoran, dan daftar barang yang dan tidak termasuk dalam penjualan.

Perjanjian jual beli adalah salah satu dokumen terpenting dalam kehidupan bisnis pemilik. Untuk alasan ini, harus didekati dengan hati-hati dan ketat, dengan ahli hukum membimbing penjual dan pembeli.

Fitur umum dan Ketentuan Perjanjian Jual Beli (SPA)

1. Pihak dalam Perjanjian

Dalam bentuk penjualan yang paling sederhana di mana perusahaan yang dijual sepenuhnya dimiliki oleh satu orang atau perusahaan induk dan dibeli oleh satu pembeli, hanya ada dua pihak dalam Perjanjian tersebut.

Namun, pihak tambahan mungkin terlibat ketika, misalnya, ada beberapa pemegang saham di perusahaan yang dijual. Dalam kasus ini, masing-masing pemegang saham harus masuk ke dalam Perjanjian Jual Beli untuk menjual saham mereka.

2. Perjanjian untuk menjual dan membeli

Ini sering merupakan ketentuan terpendek dan paling sederhana di SPA. Namun, ini adalah salah satu yang paling penting, karena memastikan bahwa kepemilikan sah penuh atas saham (juga dikenal sebagai “judul”) ditransfer dengan benar, bersama dengan semua hak terkait yang melekat pada saham (misalnya, hak atas dividen).

Ketentuan ini juga biasanya menyatakan bahwa saham bebas dari sitaan apa pun, memberikan kenyamanan kepada pembeli bahwa penjual belum menjanjikan saham apa pun kepada bank atau pemberi pinjaman lainnya.

3. Pertimbangan

Pertimbangan untuk perusahaan yang diakuisisi dibayarkan oleh pembeli kepada penjual dalam bentuk uang tunai, utang (seperti surat promes yang dikeluarkan oleh pembeli), saham pembeli, atau kombinasi dari ini.

4. Perjanjian pembatasan

Pembeli akan ingin mencegah penjual membangun bisnis kompetitif baru yang akan merusak nilai perusahaan yang dijual.

Perjanjian jual beli akan, oleh karena itu, mengandung Perjanjian pembatasan yang mencegah penjual (untuk jangka waktu tertentu dan dalam wilayah geografis tertentu) dari meminta pelanggan, pemasok atau karyawan yang ada, dan dari Bersaing Secara umum dengan perusahaan yang dijual.

Perjanjian yang membatasi ini harus masuk akal dalam geografi, ruang lingkup, dan durasi. Jika tidak, mereka dapat melanggar hukum persaingan.

5. Jaminan dan ganti rugi

Jaminan adalah pernyataan fakta yang dibuat oleh penjual di SPA yang berkaitan dengan kondisi perusahaan yang dijual. Jika garansi kemudian terbukti tidak benar dan nilai perusahaan berkurang, pembeli mungkin memiliki klaim atas pelanggaran garansi.

Jaminan mencakup semua bidang perusahaan termasuk aset, akun, kontrak material, litigasi, karyawan, properti, Kepailitan, kekayaan intelektual, dan utang.

Jika risiko yang lebih spesifik diidentifikasi selama uji tuntas, ada kemungkinan bahwa ini akan ditanggung oleh ganti rugi yang sesuai dalam Perjanjian Jual Beli, di mana penjual berjanji untuk mengganti pembeli dengan basis pound untuk pound untuk kewajiban ganti rugi.

6. Kondisi preseden

Penandatanganan dan penyelesaian kesepakatan secara simultan (di mana para pihak menandatangani SPA dan menyelesaikan penjualan pada hari yang sama) adalah cara yang disukai dan paling sederhana untuk menyelesaikan kesepakatan.

Kadang-kadang, bagaimanapun, ada kebutuhan untuk kesenjangan waktu antara penandatanganan dan penyelesaian untuk memenuhi kondisi akhir yang luar biasa tertentu.

Ini dikenal sebagai “kondisi preseden” dan umumnya mencakup izin otoritas pajak, persetujuan merger oleh pihak berwenang, dan persetujuan dari pihak ketiga (misalnya, di mana ada perubahan Ketentuan kontrol dalam kontrak material perusahaan yang dijual).

Kecuali para pihak setuju sebaliknya, Perjanjian Jual Beli jatuh jika semua ketentuan yang ditentukan tidak dipenuhi oleh tanggal yang disepakati (“tanggal longstop”).

Oleh karena itu penting bahwa SPA menetapkan bagaimana menentukan kapan kondisi preseden telah terpenuhi dan kapan mereka tidak lagi mampu puas.

Ini juga harus menentukan pihak mana yang bertanggung jawab untuk memenuhi setiap preseden kondisi tertentu. Pihak yang relevan berkewajiban untuk menggunakan upaya yang wajar untuk memenuhi kondisi yang relevan yang didahulukan pada tanggal longstop.

7. Penyelesaian

Penyelesaian adalah ketika kepemilikan sah atas saham ditransfer ke pembeli, mengakibatkan pembeli memiliki perusahaan target. Jadwal penyelesaian di SPA biasanya akan mencantumkan semua dokumen yang akan ditandatangani dan tindakan lain yang diperlukan untuk penyelesaian untuk mempengaruhi kesepakatan.

8. Penyelesaian Posting

Setelah selesai, perjanjian jual beli terus menjadi dokumen penting untuk referensi, karena mencakup bagaimana penghasilan apa pun bekerja dan berisi perjanjian yang membatasi, kewajiban rahasia, jaminan, dan ganti rugi, yang semuanya mungkin tetap sangat relevan.

Buat perjanjian pembelian secara Online
Jika Anda ingin membuat perjanjian pembelian bisnis Anda sendiri secara online, kunjungi Law Depot untuk mendapatkan template gratis!

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca panduan ini untuk fitur utama dari perjanjian jual beli. Untuk melanjutkan pembelajaran, kalian bisa ikuti dalam informasi lainnya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *