Tempat Wisata Terbaik Di Palabuhanratu, Geopark-Ciletuh

Fonetekno.com – Halo warganet di manapun kalian berada, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang tempat wisata yang ada di palabuhanratu.

Untuk kalian yang ingin bepergian atau berwisata ke palabuhanratu, alangkah baiknya kalian harus tahu tempat tujuan untuk berwisata.

Namun demikian, kami akan memberikan informasi terkait Palabuhanratu yang terkenal akan keindahan alamnya.

Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa simak artikel ini sampai tuntas.

Palabuhanratu

Dilansir dari Wikipedia, Palabuhanratu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Letaknya berada di pesisir Samudra Hindia, yakni di bagian Barat Daya wilayah kabupaten. Palabuhanratu merupakan ibu kota Kabupaten Sukabumi.

Di masa Hindia Belanda, daerah ini dikenal dengan nama Wijnkoops-baai, yang berarti “teluk pedagang anggur”.

Daerah ini merupakan tempat wafatnya Ulama Besar, Syaikh Abdusshobur (Mama Gunung Sumping).

Guru bagi para ulama Palabuhanratu dan sekitarnya, lahir di Kampung Cisaar Cikidang, Wafat di Pesantren Gunung Sumping Palabuhanratu.

Palabuhanratu memiliki sejumlah Lokasi wisata yang terbagi dalam beberapa kategori, yakni wisata alam, wisata Religi, wisata olahraga dan wisata-wisata Lainnya.

Wisata Palabuhanratu

Kembali ke tofik pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi beberapa tempat wisata terbaik yang ada di palabuhanratu.

1. Karanghawu

Karanghawu Palabuhanratu

Eksotisme batu karang Pantai Karang Hawu Sukabumi menjadi pemandangan tak biasa. Bentuk batu karangnya jadi daya tarik sendiri wisatawan datang ke sini.

Pantai Karang Hawu berada di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Butuh waktu sekitar 2,5 jam atau sekitar 73 km dari pusat Kota Sukabumi.

Batu karang yang besar dan bentuknya yang unik menjadi ciri khas sendiri ketimbang pantai lain di daerah Sukabumi. Pantai Karang Hawu merupakan bagian dari Pantai Pelabuhan Ratu.

Terdapat 7 Pantai lainnya yang termasuk bagian Pantai Pelabuhan Ratu, yaitu: Pantai Cibangban, Pantai Cimaja, Pantai Cipatuguran, Pantai Citepus, Pantai Karang Pamulang, Pantai Karang Papak dan Pantai Karang Sari.

Eksotisme batu karangnya berbentuk tungku, ukurannya bervariatif dari yang kecil sampai yang besar. Biasanya yang berukuran besar bisa dipakai pengunjung untuk berendam.

Dari ciri khas batu karang yang berbentuk tungku inilah yang menjadi asal mula penamaan Pantai Karang Hawu. Hawu diambil dari bahasa Sunda yang berarti perapian.

2. GEOPARK CILETUH

Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Keindahan Geopark Ciletuh yang terletak di delapan Desa Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi, mengundang para petualang untuk melihat pesona dan keindahan alamnya.

Beberapa obyek yang patut dilihat, seperti : Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, Pulau Batik, Penangkaran Tukik dan Penumbangan.

3. Bukit Durian Sagara

Bukit Durian Sagara Palabuhanratu

Di tempat ini traveler bisa berlama-lama nongkrong sambil menikmati bentangan teluk Pelabuhan Ratu. Suguhan sunrise mengintip di balik bukit pada pagi hari dan sunset di sore hari bisa dilihat langsung dari spot lokasi yang sama.

Nama lokasinya Bukit Durian Sagara. Lokasinya berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dulunya, tempat ini hanyalah perkebunan durian biasa banyak warga yang datang hanya untuk membeli durian di tempat ini.

“Bukit Durian Sagara ini punya dua core bisnis, pertama perkebunan durian lalu kedua wisata alam. Kalau misalkan bukti durian sagara ini sendiri itu awalnya dari hobi pemilik yakni orang tua saya yang menyukai durian namun sulit mendaptkan durian berkualitas baik khususnya di Sukabumi dan Bogor,” kata Karina Larasati, putri pemilik Bukit Durian Sagara.

Orang tua Karina kemudian mencoba menanam durian di tempat tersebut, dari awalnya hanya puluhan pohon kini sudah berjumlah ribuan pohon durian berbagai jenis.

“Jadi, dari mencoba menanam dari puluhan pohon kemudian jadi ratusan dan sekarang jadi ribuan. Berlanjut kepada wisata alam, konsep dan ide dari warga yang datang membeli durian, kami punya vila pribadi yang biasa dikunjungi oleh pemilik untuk beristirahat. Suatu ketika ada pembeli durian berswafoto di depan vila kami. Nah dari situ mulai lah dia menshare ke media sosial IG dan FB tenyata dishare kembali sehingga menjadi viral,” kata Karina.

Posisi perkebunan durian yang menghadap langsung ke Teluk Pelabuhan Ratu dianggap pas sebagai lokasi wisata kreatif oleh warganet. Memanfaatkan momen viral itu, ide dari pembeli durian itupun diwujudkan oleh pemilik perkebunan durian.

“Mungkin karena ditunjang juga dengan pemandangan yang bisa dilihat sendiri seperti ini, melihat bukit lalu lautan, melihat sunrise dari balik gunung dan view ke teluk Pelabuhan Ratu untuk melihat sunset,” kata Karina.

Lokasi wisata alam itu pun resmi dibuka untuk umum pada 13 November 2021 silam. Pengunjung terus berdatangan, ekonomi warga sekitar mulai terangkat, nama tempat jadi sorotan karena semakin banyaknya pengunjung yang datang melancong.

4. Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu Tempo Doeloe

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang sangat populer di Sukabumi. Pantai ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal.

Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Pantai Pelabuhan Ratu juga punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

5. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar.

Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

Penutup

Demikian itulah informasi seputar tempat wisata yang ada di Palabuhanratu, terimakasih sudah berkunjung ke situs kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.