Pakai Double Masker Cegah Terinfeksi Covid-19

Fonetekno.com Hai sahabat media, kembali lagi bersama admin kali ini akan membagikan informasi tentang Pakai Double Masker Cegah Terinfeksi Covid-19. Yuk simak artikel di bawah ini.

Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali menanjak. Bahkan bisa di katakan jika sekarang Indonesia sedang dalam fase gelombang kedua Covid-19.

Beredar di masyarakat tentang menggunakan masker double untuk menurunkan risiko terinfeksi Covid-19. Dr Adam Prabata, Phd Candidate di Medical Sclence Kobe Unversity di Instagram menjelaskan, efektifitas menggunakan masker duoble terbukti nyata menyaring droplet yang berasal dari saluran pernapasan.

Penggunaan masker double yang di anjurkan adalah menggunakan masker medis bagian dalam di tambah masker di bagian luar. Anjuran menggunakan masker double menurut Adam karena dapat meningkatkan fitrasi masker sehingga bisa meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19.

Adam menambahkan, masker kain dapat menutup celah yang ada di antara wajah dan area pinggir masker medis. Cara ini juga di anggap bisa meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19.

Persentasi partikel yang terblokir pada percobaan simulasi batuk pada masker bedah mencapai 56,1%. Sedangkan pada masker kain saja, partikel yang terblokir mencapai 51,4%. Persentase partikel yang terblokir jika seseorang menggunakan masker medis yang di lapisi masker kain bisa mencapai 85,4%.

Tapi Adam menjelaskan, jika masker double yang tidak di anjurkan adalah masker medis bagian dalam dan masker medis bagian dalam dan masker medis bagian luar. “Kenapa ini tidak di anjurkan karena masker medis tidak di rancang agar terpasang ketat di wajah,” papar dia. Masker medis yang di tumpuk lebih dari satu tidak akan mempengaruhi keketatan masker.

Cara menumpuk masker yang tidak di anjurkan lainnya adalah menumpuk masker N95 atau KN95 atau KF94 dengan masker apapun. Pasalnya, masker N95 dan KF94 yang sesuai standar sudah memiliki desain yang sangat ketat dan kemampuan fitrasi droplet 94% sampai dengan 95%.

“Menggunakan masker double yaitu masker medis. Di bawah masker kain dapat meningkatkan keketatan dan fitrasi masker yang terbukti lebih efektif. Untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran napas,” jelas Adam.

Penutup

Nah, demikian informasi yang admin bagikan tentang Pakai Double Masker Cegah Terinfeksi Covid-19 untuk sahabat media semoga membantu dan bermanfaat. Semoga bisa berkunjung kembali ke website kami Fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.