Mengapa Jaringan 3G Indosat Hilang dan Cara Mengatasinya

Mengapa Jaringan 3G Indosat Hilang dan Cara Mengatasinya

Jaringan Indosat Ooredoo merupakan salah satu jaringan seluler terbaik yang cukup terkenal di Indonesia. Menyediakan akses mulai dari 3G hingga 4G dengan kecepatan yang stabil. Lalu bagaimana jika jaringan 3G Indosat hilang tiba-tiba? Tak perlu khawatir, berikut cara mengatasinya.

Mengapa Jaringan 3G Indosat Hilang?

Hilangnya jaringan 3G pada smartphone dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari simcard yang tidak terdeteksi, cuaca buruk, perbaikan sistem dari pusat, hingga hardware smartphone mengalami kerusakan dan yang lainnya.

Selain itu, menurut beberapa sumber jaringan 3G dari Indosat memang direncanakan untuk di takedown pada akhir tahun 2022. Alasannya adalah karena banyak smartphone yang saat ini sudah menyediakan jaringan 4G. Selain itu, kecepatan untuk akses internet di jaringan 4G lebih cepat daripada jaringan 3G.

Dengan begitu, bisa saja hilangnya jaringan 3G Indosat bukan disebabkan karena kerusakan hardware smartphone, cuaca buruk ataupun lainnya. Melainkan dikarenakan rencana takedown jaringan 3G yang memang dilakukan oleh jaringan Indosat, karena akan beralih ke 4G bahkan 5G.

Cara Mengatasi Jaringan Indosat yang Hilang.

Mengapa Jaringan 3G Indosat Hilang dan Cara Mengatasinya

Jaringan yang hilang memang benar-benar membuat penggunanya merasa kesal. Pasalnya jika jaringan hilang, maka internet akan terganggu dan smartphone tidak dapat digunakan dengan maksimal. Untuk mengatasi jaringan yang hilang, berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

1. Restart Smartphone.

Cara pertama yang tentu saja wajib dilakukan jika jaringan Indosat hilang adalah restart ulang smartphone. Matikan smartphone selama 1 sampai 2 menit kemudian hidupkan ulang. Selain membantu menyelesaikan masalah jaringan hilang, restart juga membantu smartphone istirahat dari banyaknya beban penggunaan.

2. Hidupkan Mode Pesawat.

Cara lain yang bisa dicoba saat jaringan hilang adalah menghidupkan mode pesawat atau plane mode. Mode pesawat sendiri berfungsi untuk mematikan seluruh jaringan yang ada di smartphone, seperti internet, GPS, Wi-Fi dan yang lainnya.

Pengguna cukup mengaktifkan mode ini beberapa saat, lalu mematikannya dan menghidupkannya kembali dengan dijeda beberapa waktu. Lakukan beberapa kali menghidupkan dan mematikan mode pesawat, hingga jaringan Indosat muncul kembali.

3. Atur Ulang bagian APN.

APN atau bisa disebut Access Point Name memiliki peran sebagai perantara agar smartphone dapat mengakses jaringan 3G, 4G ataupun bahkan 5G. Saat mengalami kendala sinyal hilang, pengguna dapat mencoba memperbaikinya dengan mengatur ulang bagian APN.

Mengatur ulang bagian APN dapat dilakukan dengan masuk ke dalam APN Indosat dan menggunakan APN Indosat default yaitu indosatgprs. Bisa pula dengan memasukkan username dan passwordnya, serta kemudian mengosongkan bagian proxy dan port.

4. Gunakan Kode *#*#4636*#*#

Jika sudah banyak cara sudah dilakukan tetapi jaringan belum juga kembali normal, maka cara ini juga bisa untuk coba diaplikasikan. Kode *#*#4636*#*# merupakan kode yang digunakan untuk mengunci jaringan 4G.

Kode ini tidak dapat digunakan saat jaringan Indosat dalam kondisi stabil atau sinyal tidak hilang. Namun dapat dipakai saat sinyal Indosat hanya tersedia H+ padahal smartphone sudah support 4G dan pengaturan sudah 4G.

Cara menggunakan kode ini cukup mudah, ketikkan kode *#*#4636*#*# pada dial pad smartphone. Tunggu beberapa saat hingga muncul kata LTE only, klik LTE only dan tunggu beberapa saat hingga jaringan kembali normal seperti semula.

5. Hubungi Customer Service Indosat.

Jika semua cara sudah dicoba, tetapi juga masih belum ada hasil, maka cara terakhir yang harus dilakukan adalah menghubungi bagian customer service Indosat. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan jawaban dari masalah jaringan yang hilang.

Pengguna dapat menghubungi customer service Indosat di nomor (021) 30003000 yang telah tertera di website resmi Indosat. Dengan menghubungi customer service, pengguna dapat mengetahui alasan penyebab mengapa jaringan bisa hilang.

Itu dia ulasan mengapa jaringan 3G Indosat hilang dan bagaimana cara mengatasi jaringan yang hilang. Cara-cara di atas dapat digunakan baik bagi pengguna iOS ataupun Android. Semakin canggih smartphone, maka jaringan internetnya juga semakin meningkat.

Baca juga :

Cara Menggunakan Anonytun Internet Gratis Terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *