Menambah Ukuran PDF Lengkap Terbaru

Fonetekno.com Berjumpa kembali bersama mimin yang punya kawasan, pada hari ini mimin akan mengulas sebuah pembahasan tentang Menambah Ukuran PDF Lengkap Terbaru yang akan membantu kerja kalian di kantor.

Biasanya kamu perlu untuk memperbesar ukuran PDF karena harus mengunggah file tertentu pada website. Lantaran pengaturan pada website tersebut sudah membuat batasan ukuran minimum dan maksimum dari ukuran file PDF.

Namun ukuran PDF milikmu ternyata jauh di bawah ukuran yang ditentukan. Sehingga kamu perlu menambah ukuran dari file PDF tersebut agar dapat diunggah.

Kalau kamu sudah sering menemukan aplikasi kompres file PDF, ternyata masih jarang ada aplikasi yang bekerja sebaliknya yakni menambah ukuran file PDF.

Cara Menambah Ukuran PDF Lengkap Terbaru

PDF

Portable Document Format (PDF) adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe pada 1990-an untuk menyajikan dokumen, termasuk format teks, dan gambar dengan cara yang nggak tergantung pada perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi tertentu.

Berdasarkan bahasa PostScript, setiap file PDF merangkum deskripsi lengkap dari dokumen termasuk tata letak tetap, teks, font, grafik vektor, gambar , dan informasi lain yang diperlukan untuk menampilkannya.

Baca Juga : New Social Media Platforms 2021

Bahkan tipe format file PDF itu sudah distandarisasi sebagai ISO 32000 pada 2008 dan pihak Adobe nggak lagi memerlukan royalti untuk penerapannya.

Spesifikasi PDF juga menyediakan enkripsi dan tanda tangan digital, lampiran file, dan metadata untuk mendukung kebutuhan kerja dari pengguna yang memperlukan fitur ini.

Bahkan kamu juga bisa mengubah format PDF ke beberapa format file lain. Seperti kamu dapat mengubah file PDF ke Word.

Cara Menambah Ukuran PDF Lewat Photoshop

  1. Buka Photoshop

Buka aplikasi Adobe Photoshop yang sudah terpasang pada PC atau laptop milikmu.

2. Pilih File PDF

  • Bila sudah terbuka pilih menu Open untuk membuka file PDF yang ingin ditambah ukurannya.
  • Pilih file PDF yang akan diperbesar ukurannya dan klik OK untuk memasukkan file ke dalam Photoshop.

3. Ganti Resolusi

  • Pada kolom resolution isi sesuai dengan kebutuhan, jika ingin file yang dihasilkan besar resolusinya juga diperbesar, ya.
  • Bila ukuran resolusi yang diinginkan sudah benar, maka klik tombol OK.

4. Cek & Simpan

  • Cek kembali file yang kamu tambah ukurannya.
  • Apabila sudah benar, kemudian pada toolbar yang terdapat di atas layar, pilih menu File > Save As.

5. Ganti Format dan Beri Nama

  • Jangan lupa untuk mengubah format file dari Photoshop diganti menjadi Photoshop PDF.
  • Kemudian beri nama file PDF sesuai dengan kebutuhan.
  • Klik Save untuk mengakhiri proses.

Cara Menambah Ukuran PDF Lewat Situs Online SodaPDF

Cara kedua ini dapat kamu lakukan dengan mengakses situs yang digunakan untuk memperbesar ukuran file PDF online. Ada banyak situs yang menyediakan layanan ini, tetapi kali ini Jaka akan menggunakan situs www.sodapdf.com.

Situs ini menyediakan sejumlah pilihan tambahan untuk unggah file, jadi jika kamu nggak menyimpan file tersebut dalam drive PC atau laptop. Kamu bisa membuka file tersebut dari GDrive atau DropBox.

Baca Juga : Kumpulan Domain Gratis Terbaru

Pada situs ini turut menyediakan sejumlah menu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file PDF secara online loh.

Selain itu pada pilihan format penyimpanannya, kamu bisa juga langsung menyimpan file pada drive di PC atau laptop atau kamu bisa mengirimkannya ke email yang kamu butuhkan.

Agar makin nggak penasaran, berikut ini adalah cara dan langkah untuk memperbesar ukuran file PDF lewat situs online SodaPDF. Simak baik-baik!

  1. Buka Situs SodaPDF
  • Buka peramban atau browser yang ada di PC atau laptop milikmu.
  • Ketik dalam address bar pada browser alamat URL: https://www.sodapdf.com/resize-pdf/

2. Pilih File

  • Apabila sudah terbuka, klik tombol “Choose File” untuk mengunggah file PDF yang kamu ingin tambah ukurannya.
  • Kalau nggak ada di dalam drive PC atau laptop, kamu bisa mencarinya dalam Google Drive atau DropBox jika menyimpannya di sana.

3. Isi Kolom

  • Isi kolom margin yang kamu butuhkan serta juga pilih ukuran paper yang sesuai dengan file.
  • Klik tombol “Resize”.

4. Download

  • SodaPDF akan memproses resize ukuran file PDF milikmu, kemudian setelah selesai kamu dapat memilih untuk download file tersebut atau mengirimkannya via email.
  • Dalam situs online ini juga menyediakan layanan untuk menggabungkan file PDF juga loh.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai judul di atas, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa bertemu kembali dalam pembahasan yang lain.
Sekian dari mimin, terimakasih banyak sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *