Matahari Terbit di Utara di Jeneponto

18 Des

Fonetekno.com Berjumpa kembali bersama mimin disini, pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas tentang Matahari Terbit di Utara di Jeneponto yang tengah viral di media sosial.

Beberapa waktu lalu kejadian aneh terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Pasalnya pada saat pagi hari menjelang matahari terbit beberapa warga di hebohkan dengan matahari yang terbit dari utara.

Seperti apakah kehebohan yang terjadi disana? Dalam ulasan ini mimin akan mengulas tuntas tentang apa yang terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan itu.

Di bawah ini mimin juga akan menyediakan rekaman video dari warga Jeneponto tersebut, jadi jangan kemana-mana simak terus ulasannya sampai selesai.

Matahari Terbit di Utara di Jeneponto

Hal heboh terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dari rekaman yang viral di media sosial, terlihat bagaimana matahari terbit dari utara di kabupaten tersebut.

Sumber YouTube: Miftah’s TV

Kejadian ini awalnya dilihat sejumlah guru di MAN Binamu, Kamis (17/6/2021). Mereka bingung karena baru pukul 8.00 pagi, namun matahari ada di posisi utara.

Saya katakan ini adalah keanehan karena belum pernah melihat di mana kebiasaan terbit dari timur sebelah timur,” kata perekam video.

“Tapi sekarang menjelang jam 8 pagi ternyata matahari sudah di posisi utara. Tidak biasa seperti itu.”

Baca Juga :

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar membenarkan peristiwa itu. Namun ditegaskan BMKG sebenarnya matahari tetap berada di timur namun dalam perjalanannya ke barat, ia berada di sisi utara, tidak melewati garis Khatulistiwa.

Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu,” kata prakiraan BMKG yang bertugas, Risky.

Peristiwa ini biasanya terjadi mulai Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir pada September. Menurutnya, menuju Oktober, November, Desember, matahari bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan.

Matahari akan langsung dari Timur ke Barat dan berada di garis Khatulistiwa, Desember hingga Februari. Menurut Risky sebagaimana dimuat Detik, kejadian matahari di utara tak hanya di Jeneponto saja tapi bisa dilihat di seluruh Indonesia.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai judul di atas, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa berjumpa lagi dalam pembahasan selanjutnya.
Sekian dari mimin, terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *