Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Fonetekno.com hai sahabat media, kali ini admin akan membahas tentang manfaat kunyit putih untuk kesehatan. Bagi yang penasaran yuk simak artikel berikut ini.

Kunyit di percaya mampu mengatasi beberapa keluhan kesehatan atau penyakit. Seperti nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, diare, hingga depresi Kunyit putih merupakan salah satu jenis kunyit yang di yakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, meski jenis kunyit ini lebih jarang di temukan.

Kunyit termasuk kedalam keluarga jahe-jahean. Kunyit putih atau di kenal dengan nama white turmeric, atau Zedoary (curcuma zedoaria) di percaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau anti nyeri, antialergi, obat tukak lambung, antiracun, (penawar terhadap bisa ular) dan antiradang.

Kasiat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Kunyit kuning memang lebih mudah di jumpai di banding kunyit putih. Namun, manfaat kunyit putih untuk kesehatan tidak bisa di sepelekan. Mulai dari akar, minyak dan daun dari kunyit putih, dapat di manfaatkan sebagai obat.

Tanaman yang banyak di jumpai di Bangladesh, Sri Langka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Tailand ini, sudah di gunakan secara tradisional oleh masyarakat sebagai obat untuk mengatasi gangguan menstruasi, dispepsia, muntah dan kanker.

Antibakteri dan Antijamur

Walaupun masih di teliti, namun kunyit putih di percaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penjelasan mengenai manfaat kunyit putih lebih lanjut, yaitu:

Kunyit putih di percaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut. efektivitasnya sama dengan produk obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga di yakini dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

Antinyeri

Kunyit putih ternyata di yakini juga bisa di jadikan sebagai analgesik atau obat untuk mnghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada besarnya dosis yang di gunakan.

Obat tukak

Tepung dari akar kunyit putih di percaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung. Sehingga dapat di gunakan sebagai obat tukak lambung. Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut pada manusia.

Antiracun

Ekstrak kunyit putih juga di yakini menjadi antiracun atau penawar bisa ular. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghmbat aktivitas dari racun ular.

Antiradang

Tanaman ini juga dapat di percaya dapat di gunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.

Antikanker

Kunyit putih di yakini dapat membantu peroses penyembuhan penyakit kangker karena mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid. Hanya saja efektivitas kunyit putih dalam mengatasi penyakit kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Antioksidan

Minyak esensial dari kunyit putih di percaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Selain sebagai manfaat di atas, kunyit putih juga di yakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthitis, asma, anti-rematik dan obat diuretik.

Baik kunyit putih maupun kunyit kuning aman untuk di konsumsi dalam takaran yang tidak berlbihan. namun, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi kunyit putih.

Penutup

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan tentang Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jangan lupa untuk terus kunjungi website kami fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *