Ketahui Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan Tubuh

Fonetekno.com tentu saja bagi kalian yang sudah mengetahui sebenarnya tak asing dengan buah lontar yang sering dijual oleh pedagang keliling. Masyarakat umumnya mengonsumsi lontar dengan memakan daging biji buahnya yang berbentuk mirip dengan kolang-kaling.

Nah, disini mimin akan berbagi informasi mengenai Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan Tubuh, simak baik-baik bagi yang belum mengetahui?

Gizi dan vitamin dalam buah lontar

Buah lontar memiliki nama latin Borassus flabellifer dan banyak tumbuh di negara Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia, buah lontar tumbuh subur pada bagian timur Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan keterangan dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah lontar mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut.

  • Air 93,0 ml
  • Energi 27 Kalori
  • Protein 0,4 gr
  • Lemak 0,2 gr
  • Karbohidrat 6,0 gr
  • Serat 1,6 gr
  • Kalsium 91 mg
  • Fospor 243 mg
  • Zat besi 0,5 mg

Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga : Ketahui Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengandung antioksidan untuk memerangi penyakit

Daging buah lontar memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada bagian lainnya. Antioksidan merupakan zat yang akan membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dalam tubuh karena stres oksidatif.

2. Mencegah dehidrasi

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dari 100 gram buah lontar, kandungan air di dalamnya mencapai 93 ml.

Mengonsumsi buah lontar secara rutin dapat membantu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh memainkan peran yang penting untuk menjaga organ-organ agar tetap bekerja dengan baik.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Mengutip dari laman Mount Sinai, kandungan ini menjaga kesehatan ginjal dengan membantu kerja ginjal dalam menyaring kotoran sisa pembuangan pencernaan.

Tubuh membutuhkan fosfor untuk pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan jaringan dan sel. Tidak hanya itu, fosfor berperan dalam menyeimbangkan dan menyerap semua vitamin yang tubuh dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi.

4. Menurunkan berat badan

Dalam 100 gram buah lontar hanya mengandung 27 kalori. Buah ini sangat cocok untuk untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Saat kalian ingin menurunkan berat badan, perlu mengurangi asupan kalori dari yang tubuh butuhkan setiap harinya. Berdasarkan Angka Kecukupan Giji (AKG) tahun 2019, kalori yang dibutuhkan per harinya yaitu sebagai berikut.

  • Wanita 2150-2250 kilo kalori per hari
  • Pria 2550-2650 kilo kalori per hari

Baca Juga : Perlu Ketahui Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan

Penutup

Demikianlah informasi yang admin sampaikan mengenai Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan Tubuh untuk semuanya dapat membantu sesuai pencarian kalian. Jnagan lupa kunjungi terus website kami Fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi menarik dan seru lainnya. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *