Link Cekbansos.kemensos.go.id Terbaru

Fonetekno.com Kembali lagi bersama mimin disini, pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas sebuah pembahasan tentang Link Cekbansos.kemensos.go.id Terbaru untuk kalian yang ingin mengecek apakah sudah mendapat bantuan atau belum.

Berikut cara mengecek penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bantuan sosial tersebut masih disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada Juni 2021. Kemensos bekerja sama dengan bank Himbara dalam pencairan Bansos PKH.

Seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH akan mendapatkan bantuan langsung ke rekeningnya. Sementara itu, Bansos BPNT diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik.

Kemudian, pencairan Bansos Tunai Rp 300 ribu dilakukan di kantor kelurahan/desa masing-masing atau di kantor pos.

Link Cekbansos.kemensos.go.id Terbaru 2021

Cekbansos.kemensos.go.id

Cek Penerima Bansos

Masyarakat bisa memantau data penerima Bansos PKH, BPNT, dan Bansos Tunai Rp 300 ribu.

Data penerima bantuan sosial PKH, BPNT, dan Bansos Tunai Rp 300 ribu yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses dapat diakses melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara untuk mengecek penerima bansos:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id;
  2. Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan;
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP;
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode;
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru;
  6. Lalu klik tombol cari data.

Baca Juga : Link sscasn.bkn.go.id 2021 Login

Cek Penerima Bansos

Sistem akan mencocokan nama penerima manfaat dan wilayah yang diinput. Kemudian, membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Penyaluran Bansos Pakai Fintech

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menggunakan fintech untuk mempercepat dan memudahkan penyaluran bansos, serta memudahkan upaya pengawasan dan pengendalian.

“Sesuai Perpres bansos melalui Himbara, namun seiring perkembangan tidak mungkin lagi manual tanpa bantuan teknologi,” ujar Menteri Sosial, Tri Rismaharini, di Jakarta, Kamis (24/6/2021), dikutip dari laman Kemensos.

Dibandingkan alat berbasis teknologi, penggunaan dan proses manual dinilai banyak kekurangan terlebih untuk pengawasan dan pengendalian program.

“Penggunaan alat secara manual masih banyak kekurangan dan tidak tepat sasaran bagi para Penerima Manfaat (PM),” ungkap Mensos.

Inovasi Kemensos dengan menggunakan fintech dalam penyaluran bansos merupakan sistem yang digunakan hampir di seluruh dunia.

Baca Juga : You Are My Spring Sub Indo

“Kami welcome dengan fintech yang saat ini hampir di seluruh dunia digunakan keuangan yang berbasis digital tersebut,” kata Risma.

Kelebihan inovasi fintech dalam penyaluran bansos, yaitu selain lebih cepat dan akurat, tapi juga lebih efektif dan efisien.

“Jelas itu akan sangat berpengaruh tidak hanya untuk memudahkan pengendalian, kontrol dan pengawasan,” ujar Mensos.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai judul di atas, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa bertemu kembali dalam pembahasan yang lain.
Sekian dari mimin, terimakasih banyak sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *