Apa Itu Kredit Investasi? Ini Penjelasannya

3 Jun

Fonetekeno.com hai sahabat media kembali lagi bersama admin. Kali ini akan membagikan informasi tentang Apa Itu Kredit Investasi? Ini Penjelasannya. Untuk selengkapnya yuk simak artikelnya di bawah ini.

Kredit investasi adalah fasilitas kredit yang di berikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.

Ada dua jenis kredit yaitu kredit investasi dan juga kredit modal kerja. Sesuai dengan fungsi sebuah bank adalah membantu menyalurkan dana dan menghimpun dana dari masyarakat untuk kebutuhan ekonomi, salah satu program yang di galakkan saat ini adalah kredit investasi.

Pengertian kredit investasi

Kredit investasi merupakan modal atau kredit dalam bentuk uang yang di salurkan melalui bantuan bank dengan tujuan untuk berbagai keperluan usaha yang di miliki.

Untuk jenis kredit investasi sendiri adalah berupa kredit yang di gunakan untuk melakukan perluasan usaha atau penambahan modal usaha untuk membeli dan membuka pabrik baru di tempat yang berbeda, membangun sebuah proyek baru, pengadaan mesin dan bahan baku, membeli tanah dan juga bangunan untuk usaha baru, dan lain-lain.

Nantinya pelunasan kredit tersebut menggunakan uang hasil usaha yang baru saja di biayai dengan modal yang di gunakan tersebut.

Saat debitur atau pengguna kredit sudah memutuskan akan mengambil pinjaman investasi di sebuah bank, maka akan ada jangka waktu kredit yang harus di sepakati oleh pemberi modal pinjaman investasi tersebut.

Dalam hal ini di Indonesia biasanya di bank BRI, dan Bank Mandiri yang merupakan bank pemerintah terbesar. Biasanya bank akan memberikan jangka waktu untuk kredit investasi ini minimal untuk satu tahun.

Ciri-ciri kredit investasi

  • kredit di sesuaikan dengan program yang di buat oleh pemerintah untuk mendorong kegiatan usaha yang membuka lowongan pekerjaan cukup besar.
  • Kredit investasi di berikan untuk membantu mencukupi kebutuhan penanaman modal serta pergerakannya yang secara langsung mendapatkan pengawasan dari bank central.
  • Kredit investasi bersifat produktif karena di gunakan untuk perbaikan atau menambah barang modal dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas.

Penutup

Demikian informasi yang admin sampaikan mengenai Apa Itu Kredit Investasi? Ini Penjelasannya untuk sahabat media dapat bermanfaat. Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat membantu pencarian kalian. Jangan lupa kunjungi terus website kami Fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *