Ketahui Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Agar Tidak Kecolongan

Ketahui Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Agar Tidak Kecolongan.

Penggunaan WiFi di tempat umum adalah hal yang biasa. Bahkan sekarang penggunaan WiFi tidak hanya untuk usaha tetapi juga rumah tangga. Namun kerap terjadi WiFi lemot jika digunakan. Ada cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi untuk memantau siapa saja yang menggunakan.

Banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya koneksi WiFi salah satunya adalah aktivitas yang digunakan. Sebagai contoh, jika pengguna A sedang zoom meeting dan yang lainnya sedang bermain game online tentunya koneksi internet akan melambat. Ada cara yang bisa digunakan untuk mengetahuinya:

Melalui Web Browser

Untuk mengetahui siapa saja dan apa aktivitas yang dilakukan, pengguna dapat mengeceknya melalui web browser. Banyak provider internet yang menyediakan layanan ini. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Login Dengan Alamat IP. Saat memasang WiFi tentunya pengguna diberikan alamat IP sesuai modem yang digunakan. Cukup ketikkan alamat IP tersebut pada laman pencarian. Pastikan untuk mengisi alamat IP dengan benar. Jika ragu dengan alamat IP yang ada, pengguna bisa menghubungi provider yang digunakan.
  • Input Username dan Password. Saat sudah berhasil mengakses alamat IP, lanjutkan dengan mengisi ID pengguna dan kata sandi. ID pengguna dan kata sandi yang diinput harus sesuai seperti pada saat pemasangan pertama kali. Jika mengalami kegagalan, segera hubungi provider untuk mengetahui username dan kata sandi.
  • Pilih User Device Information. Apabila sudah berhasil, maka akan ada tampilan menu utama. Pengguna bisa mencari menu User Device Information untuk melihat siapa saja pengguna WiFi. Jika terdapat aktivitas yang tidak dikenali, pengguna bisa memblokir ID penggunanya secara langsung.

Ketahui Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Agar Tidak Kecolongan.

Ketahui Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Agar Tidak Kecolongan

Melalui Perangkat Komputer

Cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi yang lain adalah dengan melalui perangkat komputer. Berbeda dengan cara sebelumnya yang hanya menggunakan browser, disini pengguna harus memasang perangkat tambahan. Berikut penjelasan cara yang bisa diikuti:

1. Melalui Software Wireshark

Software Wireshark adalah sebuah software yang digunakan untuk menganalisis paket data secara realtime berupa detail traffic jaringan dan inspeksi paket data. Wireshark dapat melakukan paket filtering, color coding, dan lainnya. Dengan mengunduh software ini, pengguna dapat mengetahui seluruh aktivitas WiFi.

Jika sudah berhasil mengunduh Wireshark, pengguna bisa membuka table Interface List dan memilih opsi WiFi pada jaringan yang ingin dipantau. Lanjutkan pada kolom filter, input http dan akan muncul halaman website mana saja yang sedang diakses oleh WiFi.

2. Melalui Custom Firmware Pada Router

Saat memasang WiFi pertama kali biasanya pengguna diberikan router. Router adalah sebuah perangkat tambahan yang dapat menghubungkan beberapa jaringan secara bersamaan. Kelebihan penggunaan router ini adalah koneksi internet dapat lebih cepat.

Pada saat membeli router biasanya sudah terdapat sistem operasi yang bisa digunakan namun pengguna bisa melakukan custom. Kustomisasi ini dengan mengatur URL untuk mengetahui aktivitas apa saja yang sudah dilakukan. Salah satu kustomisasi yang bisa digunakan adalah OpenWrt.

3. Melalui Transparent Proxy Server

Transparent Proxy Server merupakan sebuah server yang mengarahkan traffic web dengan melalui proxy yang sudah dibuat oleh pengguna. Dengan pengaturan tersebut, pengguna dapat melihat riwayat penggunaan WiFi. Tampilan yang muncul dapat dilihat melalui log yang tersedia.

Pengguna juga dapat menggunakan proxy server Squid untuk melihat deretan history WiFi. Tidak hanya mendukung untuk HTTP atau HTTPS saja, tetapi perangkat ini juga bisa digunakan untuk sistem operasi lainnya. sistem operasi yang bisa menggunakan antara lain Windows dan Linux.

Ketahui Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Agar Tidak Kecolongan.

Beberapa cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi di atas bisa digunakan untuk mencari tahu riwayat pencarian yang mungkin dilarang. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memblokir beberapa akses yang mungkin tidak sesuai yang pengguna inginkan. Gunakanlah cara tersebut dengan bijak.

Baca Juga :

Aplikasi Kaya Apk Penghasil Uang Terbukti Membayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *