Kaya Manfaat Buah Jeruk

20 Agu

fonetekno.com– Kaya Manfaat Buah Jeruk. Jika Anda penggemar buah jeruk, Anda mungkin menikmati bagian jeruk yang adil.

Citrus sinensis, atau jeruk manis, adalah tipe orang yang biasanya menikmati segar dan dalam bentuk jus.

Pohon jeruk manis berasal dari Cina ribuan tahun yang lalu dan sekarang tumbuh di banyak daerah di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Meksiko, dan Spanyol (1Trusted Source, 2trusted Source).

Jeruk adalah harta karun nutrisi dan senyawa tanaman pelindung, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi jeruk secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Artikel ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang jeruk, termasuk nilai gizinya, potensi manfaat kesehatan, dan banyak lagi.

Kaya Manfaat Buah Jeruk

Kalori: 66
Air: 86% berat
Protein: 1,3 g
Karbohidrat: 14,8 gram
Gula: 12 gram
Serat: 2,8 gram
Lemak: 0,2 gram
Vitamin C: 92% dari nilai harian (DV)
Folat: 9% dari DV
Kalsium: 5% dari DV
Kalium: 5% dari DV

Seperti kebanyakan buah-buahan, jeruk terutama terdiri dari karbohidrat dan air, mengandung sangat sedikit protein dan lemak, dan relatif rendah kalori.

Jeruk adalah sumber serat yang baik. Satu jeruk (140 gram) bungkus sekitar 10% dari DV (3trusted Source).

Mendapatkan cukup serat setiap hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu menjaga sistem pencernaan Anda sehat dengan mendukung keteraturan dan memicu bakteri usus menguntungkan anda.

Plus, diet kaya serat dikaitkan dengan sejumlah manfaat, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, kanker usus besar, dan obesitas (4trusted Source, 5trusted Source, 6trusted Source).

Jeruk juga tinggi nutrisi tertentu, terutama vitamin C dan folat.

Satu jeruk 140 gram mencakup 92% kebutuhan vitamin C harian Anda. Nutrisi yang larut dalam air ini sangat penting untuk kesehatan Anda. Tubuh Anda menggunakannya untuk fungsi kekebalan tubuh, sintesis kolagen, penyerapan zat besi, dan banyak lagi (7Trusted Source).

Folat adalah vitamin B yang berperan dalam metabolisme, perkembangan janin dan plasenta, dan banyak proses penting lainnya (8Trusted Source).

Selain vitamin C dan folat, jeruk menyediakan sejumlah kecil nutrisi lain, termasuk kalsium, kalium, dan tiamin (vitamin B1).

Ringkasan

Jeruk adalah sumber serat yang baik dan sumber vitamin C dan folat yang kaya, di antara banyak nutrisi bermanfaat lainnya.

Tinggi senyawa tanaman yang bermanfaat

Jeruk adalah sumber yang sangat baik dari berbagai senyawa tanaman bioaktif yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Ini termasuk flavonoid, karotenoid, dan vitamin C.

  • Flavonoid

Jeruk dikemas dengan senyawa fenolik – terutama flavonoid, yang berkontribusi pada sebagian besar sifat antioksidannya.

Hesperidin. Flavonoid jeruk yang merupakan salah satu antioksidan utama dalam jeruk, hesperidin mungkin memiliki efek penurun tekanan darah, anti-inflamasi, dan antioksidan dalam tubuh (9trusted Source).

Naringenin. Naringenin adalah flavonoid jeruk lain yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Minum jus jeruk kaya naringenin dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan pertahanan antioksidan dalam tubuh (10).

  • Karotenoid

Semua buah jeruk kaya akan antioksidan karotenoid, yang bertanggung jawab atas warna oranye, merah, dan kuningnya yang kaya.

Sebuah studi menemukan bahwa minum jus jeruk segar membantu meningkatkan kadar karotenoid kulit, yang merupakan indikator yang baik dari status antioksidan total tubuh (11).

Beta-cryptoxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Selain itu, tubuh Anda dapat mengubah beta-cryptoxanthin menjadi bentuk aktif vitamin A (12).

Lycopene. Lycopene adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam jeruk pusar berdaging merah (cara cara jeruk). Ini memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan mendapatkan cukup dalam diet Anda dapat membantu melindungi Anda terhadap penyakit jantung (13Trusted Source, 14trusted Source, 15trusted Source).

  • Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang paling terkenal dan diteliti dengan baik.

Sangat penting untuk menjaga asupan optimal makanan dan minuman kaya vitamin-C seperti jeruk. Asupan makanan yang lebih tinggi dan konsentrasi vitamin C dalam darah telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah dari semua penyebab (16).

Manfaat kesehatan jeruk

Menurut temuan penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur, seperti jeruk, dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung
Penyakit jantung saat ini merupakan penyebab kematian dini yang paling umum di dunia.

Sejumlah nutrisi dan senyawa tanaman yang ditemukan dalam jeruk, termasuk vitamin C, flavonoid, dan karotenoid, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung jika Anda mengkonsumsinya pada tingkat optimal (16Trusted Source, 17trusted Source, 18trusted Source).

Plus, secara teratur mengkonsumsi jeruk dan jus jeruk dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Satu review dari 10 studi berkualitas tinggi menemukan bahwa mengkonsumsi jus jeruk mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk tingkat (19trusted Source):

  • gula darah
  • Kolesterol LDL (jahat)
  • penanda inflamasi protein C-reaktif (CRP)
  • Diet tinggi buah jeruk dapat melindungi terhadap penyakit kronis
  • Selain melindungi kesehatan jantung, secara teratur mengkonsumsi jeruk dan buah jeruk lainnya dapat membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan lainnya, termasuk beberapa jenis kanker dan diabetes.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi buah jeruk dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk (20trusted Source, 21trusted Source, 22trusted Source, 23trusted Source):

  • kanker paru-paru
  • kanker mulut
  • kanker perut
  • kanker kepala dan leher
  • Terlebih lagi, diet tinggi buah-buahan, termasuk buah jeruk, dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 (24).

Satu studi termasuk lebih dari 7.000 orang dewasa Australia menemukan bahwa mereka dengan asupan buah total moderat yang termasuk jeruk dan buah jeruk lainnya adalah 36% lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan diabetes pada 5 tahun, dibandingkan dengan orang dengan asupan buah terendah (24).

Perlu diingat bahwa penelitian ini menemukan manfaat yang terkait dengan makan buah-buahan, secara umum, dan itu tidak mengisolasi manfaat makan jeruk utuh, khususnya. Selain itu, tidak menemukan efek menguntungkan yang sama pada orang yang minum jus buah.

Ini mungkin karena jus buah memiliki lebih sedikit serat dan efek yang lebih besar pada gula darah dibandingkan dengan buah utuh.

Meskipun buah jeruk dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi medis jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, ingatlah bahwa diet dan gaya hidup Anda secara keseluruhan jauh lebih penting daripada satu makanan.

  • Pencegahan Anemia

Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C dapat membantu mencegah anemia, suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan zat besi mineral dalam jumlah yang cukup.

Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, mereka adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi (7).

Satu studi menemukan bahwa menambahkan 120 gram jeruk ke makanan yang terdiri dari nasi atau roti pipih dengan lentil atau hidangan berbasis sayuran hijau yang disebut saag meningkatkan bioavailabilitas zat besi sebanyak 10,7% (25).

Coba tambahkan taburan jus jeruk ke hidangan lentil dan kacang, atau tambahkan segmen jeruk ke salad bayam untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan tubuh
Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur, yang tinggi vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan, dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat.

Jeruk dan buah jeruk lainnya adalah sumber vitamin C yang sangat baik.

Nutrisi ini sangat penting untuk fungsi sel kekebalan seperti sel pembunuh alami. Ini juga diperlukan untuk proses yang disebut apoptosis, di mana sel-sel tua yang rusak mati, kemudian dibersihkan dan diganti dengan sel-sel sehat baru (26).

Vitamin C adalah antioksidan kuat dan membantu melindungi terhadap proses kerusakan oksidatif, yang jika tidak negatif dapat mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit (27trusted Source).

Banyak senyawa lain dalam jeruk, termasuk hesperidin dan naringenin, memiliki aktivitas anti-inflamasi.

Peradangan kronis dapat berdampak negatif pada respon imun, jadi secara teratur mengonsumsi makanan yang kaya zat anti-inflamasi dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh (28).

Serat adalah nutrisi lain yang disediakan oleh jeruk yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Tubuh Anda membutuhkan serat untuk menjaga keseimbangan bakteri usus yang sehat, yang mempengaruhi perkembangan dan fungsi sistem kekebalan tubuh (28).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *