Hukum Bisnis Dan Tujuan Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

fonetekno.com – Halo warga net di manapun kalian berada, pada kesempatan kali ini kami akan menulis sebuah artikel tentang Hukum Bisnis Dan Tujuan Hukum Bisnis. Untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Hukum bisnis

Dalam dunia bisnis pastinya akan di kelilingi aturan-aturan yang dapat di jadikan pedoman unutuk berbisnis. Aturan-aturan tersebut sering kali disebut dengan istilah hukum bisnis. Sejalan dengan uraian di atas, pada bidang lainnya seperti hukum bisnis, juga terdapat beragam pengertian hukum bisnis menurut para ahli. Seperti yang di kutip dari bantuanhukum-sbm.com Berikut adalah beberapa pengertian hukum bisnis menurut para ahli bisnis.

Hukum Bisnis Menurut Munir Fuady

Munir Fuady mengatakan bahwa Hukum Bisnis merupakan suatu perangkat atau kaidah hukum termasuk upaya penegakannya yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan urusan atau aktivitas dagang, industri, atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari para enterpeneur dalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut Abdul Saliman

Menurut Abdul R. Saliman dkk, Hukum Bisnis atau Business Law/Bestuur Rechts merupakan keseluruhan dari peraturan-peraturan hukum, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur hak dan kewajiban yang muncul dari perjanjian-perjanjian maupun suatu perikatan-perikatan yang terjadi dalam praktek bisnis.

Menurut Dr. Johannes Ibrahim

Menurut Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum menyatakan hukum bisnis merupakan seperangkat kaidah hukum yang diadakan untuk mengatur serta menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul dalam kegiatan antar manusia, khususnya dalam bidang perdagangan.

Tujuan Hukum Bisnis

Hukum Bisnis

Tujuan di buatkannya hukum bisnis adalah untuk mengatur dan melindungi bisnis dari resiko-resiko yang mungkin terjadi pada suatu hari. Dilansir dari lembagabantuanhukum.or.id, berikut adalah beberapa tujuan hukum bisnis yang perlu kalian ketahui :

  1. Menjamin berfungsinya keamanan mekanisme pasar secara efisien dan lancar.
  2. Melindungi berbagai suatu jenis usaha, khususnya untuk jenis Usaha Kecil Menengah (UKM).
  3. Membantu memperbaiki sistem keuangan dan perbankan.
  4. Memberikan perlindungan terhadap suatu pelaku ekonomi atau pelaku bisnis.
  5. Mewujudkan bisnis yang aman dan adil untuk semua pelaku bisnis.

Seperti yang kalian ketahui, hukum dibuat untuk menciptakan kehidupan yang aman, tertib, dan tentram, sama dengan hukum bisnis. Di bawah ini beberapa fungsi hukum bisnis :

  • Menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis.
  • Pelaku bisnis dapat lebih mengetahui hak dan kewajbannya saat mambangun bisnis, sehingga bisnisnya tidak menyimpang dari aturan yang ada dan telah tertulis dalam Undang-Undang.
  • Pelaku bisnis lebih memahami suatu hak-hak dan kewajibannya dalam suatu kegiatan bisnis
  • Terwujudnya sikap dan perilaku bisnis atau kegiatan bisnis yang adil, jujur, wajar, sehat, dinamis, dan berkeadilan karena telah memiliki kepastian hukum.

Penutup

Demikian ulasan mengenai Hukum Bisnis Dan Tujuan Hukum Bisnis yang berhasil kami rangkum. Baca juga artikel menarik lainnya hanya di situs kesayangan kami ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *