Merayakan Hari Antariksa Nasional Dengan Gelap

Fonetekno.com hai sahabat media kembali lagi bersama admin. Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai merayakan hari antariksa nasional dengan gelap. Untuk informasi selengkapnya mari simak artikel di bawah ini.

Hari Antariksa Nasional di peringati pada 6 Agustus 2021. Tepatnya hari ini Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Mengajak untuk menghindari langit gelap dengan mematikan lampu masyarakat.

“Gerakan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Keantariksaan Nasional yang jatuh pada tanggal yang sama,” kata Koordinator Humas Lapan Jasyanto. Masyarakat di harapkan dapat matikan lampu selama satu jam pada 6 Agustus 2021 dari pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

“Halo #SobatLAPAN. Dalam rangka Agustus 2021 Keantariksaan Nasional, LAPAN mengajak masyarakat untuk turut serta dalam aksi Malam Langit Gelap (MLG) pada hari jumat, 6,” demikian tertulis di web LAPAN.

Hari Keantariksaan Nasional yang di peringati tiap 6 Agustus itu di sadari pada waktu di sahkannya Undang-Undang Keantariksaan pada 2013. Menurut Jasyanto, Undang-undang Nomor tahun 2013 menjadi payung hukum bagi kegiatan kegiatan Keantariksaan di Indonesia.

Dengan adanya Undang-Undang (UU) Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memilki pondasi yang kuat. Melalui peringatan Hari Keantariksaan Nasional yang ke-8 itu, masyarakat di harapkan akan mengetahui Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan, dan menjadi momentum untuk membangun kesadaran malam langit gelap.

Seiring dengan mematikan lampu sejenak, pada saat kondisi gelap masyarakat bisa menikmati langit malam yang bertabur bintang. Dengan mematikan lampu di luar ruangan dalam waktu satu jam saja. Ingat hanya satu jam ya.

Walau begitu bukan berarti kita harus menghilangkan atau meniadakan cahaya ya. Sebaliknya, yang harus di lakukan adalah dengan membatasi penggunaan biar lebih efektif dan efisien. Kalau malam ini bisa mengurangi polusi cahaya, kita berkesempatan mengamati dua planet besar di tata surya. Pelanet Jupiter dan saturnus akan teramati, bahkan kalian bisa mengamatinya sepanjang malam.

Penutup

Demikian informasi dari kami, tentang merayakan hari antariksa nasional dengan gelap semoga bermanfaat. Dan untuk informasi menarik lainnya bisa kunjungi terus website kami fonetekno.com karna masih banyak informasi terbaru lainnya dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *