Fakta Nutrisi Durian Dan Manfaat Kesehatan

fonetekno.com – Populer di Asia Tenggara, durian sering disebut “raja buah” karena rasanya yang sangat manis dan baunya yang sangat menyengat.

meskipun lebih tinggi lemak dan kalori daripada banyak buah lainnya, durian menawarkan berbagai macam vitamin dan mineral, menjadikannya pilihan nutrisi bagi pecinta makanan di seluruh dunia.

Fakta Nutrisi Durian

Satu cangkir durian segar atau beku cincang (243g) menyediakan 357 kalori, 3,6 g protein, 66g karbohidrat, dan 13G lemak. Durian adalah sumber Kalium, Fosfor, magnesium, vitamin C, dan folat. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh USDA.

Kalori: 357
Lemak: 13g
Natrium: 4,9 mg
Karbohidrat: 66g
Serat: 9.2 g
Protein: 3.6 g
Kalium: 1060mg
Fosfor: 94,8 mg
Magnesium: 72,9 mg
Vitamin C: 47,9 mg
Folat: 87,5 mcg

Baca Juga: Ketahui Pengertian Mgid Jaringan Iklan Alternatif Terbaik

Fakta Nutrisi Pada Durian

1. Karbohidrat

Sebagian besar kalori dalam durian berasal dari karbohidrat, menyediakan hanya di bawah 66 gram per cangkir. Seperti banyak buah – buahan lainnya, sebagian besar karbohidrat ini adalah dalam bentuk serat (9,2 gram per porsi).

Sementara USDA tidak menyediakan kandungan gula untuk buah ini, penelitian menunjukkan bahwa 100 gram durian segar mengandung antara 3,1 gram dan 19,97 gram gula, tergantung pada varietasnya.3

Peringkat indeks glikemiknya 493 membuatnya lebih rendah dari buah-buahan tropis seperti semangka, pepaya, dan nanas.

2. Lemak

Jika dibandingkan dengan buah segar lainnya, durian tinggi lemak pada 13 gram per porsi satu cangkir. Tetapi ingat bahwa mengonsumsi lemak sehat dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

3. Protein

Satu porsi durian mengandung sekitar 3,6 gram protein. Ini mirip dengan kandungan protein dalam beberapa buah tropis lainnya, seperti nangka (2,6 gram protein dalam secangkir potongan satu inci) dan jambu biji (4,2 gram protein per porsi satu cangkir).

4. Vitamin dan mineral

Durian adalah sumber potasium yang sangat baik pada 1060mg per cangkir. Ini hampir setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa dan hanya di bawah sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dewasa.

Buah ini juga mengandung fosfor, magnesium, vitamin C, dan folat dalam jumlah yang baik. Anda bahkan akan menemukan sejumlah kecil nutrisi lain, termasuk seng, tembaga, mangan, vitamin A, dan sejumlah vitamin B.

5. Kalori

Ada 357 kalori dalam satu cangkir porsi durian (sekitar setengah dari buah utuh). Jika Anda mencoba mengurangi asupan kalori, rasa durian yang kuat bekerja untuk keuntungan anda karena Anda tidak perlu banyak merasakan rasanya.

Baca Juga: Manfaat Lemon Yang Luar Biasa

Manfaat Kesehatan

Menambahkan durian ke dalam makanan Anda dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, terlepas dari jumlah lemak dan kalorinya yang lebih tinggi.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Durian sangat tinggi kalium. Kalium terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah, yang merupakan penyumbang utama penyakit kardiovaskular.

Durian juga tinggi serat dan lemak tak jenuh, dua nutrisi utama untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Mendukung kehamilan yang sehat

Durian telah dipelajari untuk konsentrasi vitamin B folat esensial, meskipun kekurangan folat di Amerika Serikat agak dikurangi dengan fortifikasi produk biji-bijian, di bagian lain dunia, kekurangan folat menghadirkan risiko besar selama awal kehamilan.

Folat diperlukan untuk perkembangan janin yang tepat dari sistem saraf pusat, di Asia Tenggara, di mana durian biasa dikonsumsi, buah ini dapat berfungsi sebagai sumber folat penting bagi orang-orang usia subur.

3. Meringankan Rasa Sakit

Durian sangat tinggi vitamin C, terutama bila dimakan mentah. Secangkir durian segar atau beku memiliki hampir 48mg nutrisi ini, dan rata-rata orang dewasa hanya membutuhkan 75mg hingga 90mg per hari.

Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan nyeri sendi dan asupan yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan risiko nyeri terkait kanker.

Ini berarti bahwa mendapatkan cukup vitamin C mungkin merupakan cara yang aman untuk membantu mencegah berbagai kondisi rasa sakit.

4. Mempromosikan Pencernaan Yang Sehat

Durian kaya akan gula alami yang berfermentasi setelah terkena bakteri usus selama pencernaan. Ini juga bertindak sebagai prebiotik, memberi makan bakteri asam laktat yang bermanfaat dalam mikrobioma usus, mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan usus besar.

Selanjutnya, serat dalam durian menambah curah pada tinja dan meningkatkan keteraturan.

5. Mencegah kekurangan nutrisi pada orang dewasa yang lebih tua

Malnutrisi adalah masalah bagi banyak orang dewasa yang lebih tua. Populasi ini berisiko lebih tinggi untuk menurunkan berat badan dan kekurangan nutrisi karena beberapa faktor, termasuk malabsorpsi, nafsu makan berkurang, dan akses terbatas ke berbagai makanan.

Durian adalah makanan padat energi yang menyediakan berbagai vitamin utama seperti thiamin, yang mungkin terkait dengan Alzheimer dalam kelimpahan.

Dengan menawarkan berbagai nutrisi dalam satu makanan, durian membantu meningkatkan asupan gizi bagi orang-orang yang dietnya terbatas.

Penutup

Demikian ulasan terkait Fakta Nutrisi Durian Dan Manfaat Kesehatan, semoga bermanfaat dsn terimakasih telah berkunjung dalam arikel kami saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.