Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis, Pilihan Pintar Bisnis Lancar

Semakin berkembangnya teknologi, dapat mencakup berbagai aspek kehidupan. Di antaranya adalah bidang usaha. Tidak mengherankan, cara menggunakan WhatsApp bisnis kini banyak di pilih masyarakat untuk menunjang kegiatan usaha/ bisnisnya tersebut. Selain mudah di gunakan, pemakaian aplikasi ini memberikan keunggulan lainnya.

Fitur-fitur menarik di dalamnya dapat di manfaatkan oleh pengguna tidak hanya untuk kegiatan bisnis, tetapi juga dalam urusan pribadi seperti pada aplikasi WhatsApp biasanya. Jadi, pengguna dapat menjalankan tujuan keduanya secara beriringan. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi tersebut:

Cara Mudah menggunakan Aplikasi WhatsApp Business/Bisnis

Setiap Aplikasi yang memiliki kemudahan akses serta cara pemakaiannya sering menjadi alasan utama pengguna memilihnya. Baik dalam urusan pekerjaan maupun urusan personal penggunanya, termasuk pada Aplikasi WhatsApp Bisnis. Berikut ini beberapa ulasan singkatnya:

1. Mencadangkan Pesan

Sebelum pengguna beralih ke WhatsApp bisnis, ada baiknya untuk melakukan pencadangan pesan dari akun WhatsApp sebelumnya ke media penyimpanan seperti Google Drive. Tujuannya, untuk mengantisipasi agar pesan-pesan yang ada tidak hilang setelah berganti ke WhatsApp Bisnis.

Untuk melakukan hal tersebut, caranya dengan membuka akun WhatsApp Messenger dan memilih menu “setelan/setting”, lalu menekan pilihan “pesan/chat”, kemudian “cadangkan pesan/Back-up Chat” dan terakhir mengklik “cadangkan/Back-up.” Pesan akan di cadangkan dalam beberapa menit.

2. Menginstall dan Melakukan Registrasi

Tahap selanjutnya saat pesan telah di cadangkan adalah menginstall WhatsApp Business. Caranya, bisa melalui Google Playstore dengan pencarian aplikasi WhatsApp Business untuk kemudian menginstalnya. Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang berlambangkan telepon, WhatsApp Business ini berlambangkan huruf B.

Setelah proses penginstalan selesai, registrasi di WhatsApp Business bisa dilakukan. Caranya, dengan memasukkan nomor telepon, melakukan verifikasi nomor, menyetujui akses, lalu menunggu beberapa menit. Begitupun dengan proses pemulihan data yang  memerlukan waktu seperti pencadangan pesan/chat sebelumnya.

Saat Aplikasi WhatsApp Business telah terpasang dalam ponsel, aplikasi WhatsApp Messenger akan otomatis mengalihkan pengguna ketika membukanya. Oleh karena itu, Aplikasi Whatsapp Messenger dapat di uninstall dan beralih sepenuhnya ke WhatsApp Business dan aplikasi tersebut siap di gunakan.

Dalam WhatsApp Business, pengguna juga dapat kembali melakukan komunikasi seperti biasa ke nomor-nomor kontak yang ada. Begitupun dengan berkirim pesan, pengguna dapat melanjutkan kegiatan tersebut seperti biasa. Apalagi, jika pemulihan data dari pencadangan sebelumnya berhasil.

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis.

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis

Beberapa Fitur dalam WhatsApp Business/Bisnis

Aplikasi WhatsApp Business/Bisnis ini memiliki fitur-fitur yang dapat di gunakan dalam kegiatan sehari-hari, terutama untuk urusan usaha/bisnis. Kemudahan cara menggunakan WhatsApp bisnis ini terkait dengan penggunaan fitur-fitur seperti:

  • Fitur ini biasanya berisi/dapat diisi dengan deskripsi produk, harga, serta foto dan informasi tambahan lainnya dari produk usaha pengguna.
  • Pesan di luar Jam Kerja. Merupakan salah satu fitur pesan cepat yang dapat secara otomatis membalas chat pelanggan di luar jam kerja dari usaha/bisnis pengguna.
  • Fitur Salam. Seperti fitur sebelumnya, chat ke pelanggan akan terkirim secara otomatis. Biasanya berupa salam yang telah di atur sebelumnya oleh pengguna untuk menyambut pelanggan.
  • Fitur Balas Cepat. Hampir mirip dengan dua fitur sebelumnya, balasan cepat akan secara otomatis terkirim pada pelanggan dalam fitur ini. Pesan dapat diatur oleh pengguna serta bisa dengan mudah menerapkan
  • Fungsinya bisa dipakai untuk mengelola chat pelanggan dan perihal pesanannya. Semuanya di tandai dengan menggunakan label yang berbeda warna.
  • Tautan Pendek. Pengguna dapat membagikan link WhatsApp yang di sertakan pesan untuk kegiatan bisnis/usahanya pada aplikasi serta fitur ini.
  • Fitur Facebook & Instagram. Jika link nomor WhatsApp di sertakan pada akun Facebook & Instagram, pelanggan akan otomatis teralihkan menuju nomor bisnis tersebut untuk terhubung dengan pengguna.

Dengan adanya informasi mengenai cara menggunakan WhatsApp Bisnis beserta fitur-fiturnya, pengguna dapat lebih mudah lagi mengenal dan menggunakan aplikasi ini. Tentunya, tidak hanya untuk chat pribadi, tetapi dalam hal bisnis/usahanya agar bisa berjalan lancar.

Baca Juga :

Pilihan Cara Kompress Video Tanpa Aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *