Cara mengatasi Baterai HP Boros

8 Mar

Cara mengatasi Baterai HP Boros, Berikut Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Yang Bisa Di lakukan!

HP sebagai salah satu gadget yang kerap di gunakan tentu membuat baterai cepat habis. Tak jarang pengguna membawa power bank untuk mengisi daya saat berada di luar ruangan. Ada cara mengatasi baterai cepat habis yang bisa di praktekan oleh pengguna.

Tidak hanya intensitas penggunaan saja, ada banyak faktor yang mempengaruhi daya baterai cepat habis. Jika saat HP tidak di gunakan tetapi baterai cepat habis artinya ada penyebab lainnya. berikut cara yang bisa di lakukan untuk mengatasinya:

1. Atur Kecerahan

Kecerahan layar pada HP ternyata penyebab baterai HP cepat habis. Semakin tinggi tingkat kecerahan semakin boros juga daya baterai yang di gunakan. Dengan mengatur kecerahan pada tingkat yang sesuai akan menghemat daya baterai cukup banyak.

Pengguna juga bisa mengaktifkan pilihan “adaptive brightness” pada HP. Pilihan ini akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar HP secara otomatis sesuai dengan keadaan di mana pengguna berada. Selain itu hindari juga menggunakan widget dan wallpaper berlebihan karena membuat baterai boros.

2. Hapus Aplikasi

Menghapus aplikasi yang tidak di gunakan adalah salah satu cara mengatasi baterai cepat habis. Kerap kali pengguna gemar mengunduh berbagai aplikasi yang di anggap berguna. Namun pada kenyataannya aplikasi tersebut belum tentu langsung di gunakan.

Ada baiknya pengguna menghapus aplikasi tersebut untuk menghemat daya baterai. Suatu aplikasi walaupun tidak di gunakan akan terus berjalan dan menggunakan koneksi yang di perlukan. Selain menghapus aplikasi, juga di sarankan untuk tidak install terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu atau belum di butuhkan.

3. Matikan GPS dan Bluetooth

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan GPS dan Bluetooth jika tidak sedang di gunakan. Kedua menu ini cukup menguras daya baterai jika tetap aktif walaupun tidak digunakan. Tak jarang GPS dan Bluetooth juga dapat memberikan pengaruh terhadap performa kinerja HP.

 

Cara mengatasi Baterai HP Boros.

Cara mengatasi Baterai HP Boros

4. Perbaharui Sistem

Pada HP keluaran baru sekarang banyak pembaharuan sistem yang lebih bagus dibanding sebelumnya. Sistem operasi yang terbaru pun juga dapat mengoptimalkan performa HP itu sendiri. Biasanya HP akan otomatis menerima notifikasi untuk pembaharuan sistem.

Jika muncul notifikasi seperti itu jangan ragu untuk memperbaharuinya. Untuk memperbaharuinya bisa dilakukan sendiri namun pastikan jaringan koneksi internet di HP stabil dan bagus. Apabila tidak muncul notifikasi, pengguna dapat melihatnya di pengaturan dan memilih menu sistem.

5. Aktifkan Power Saving

Power saving atau penghemat baterai adalah salah satu fitur pada HP yang dapat digunakan untuk menghemat baterai. Kinerja dari fitur ini adalah mematikan kinerja dari proses latar belakang HP. Walaupun kinerja latar belakang dimatikan, pengguna akan tetap menerima notifikasi pesan dan panggilan.

Fitur ini biasanya terlihat di menu toolbar pada layar depan HP. Pengguna juga dapat mengaktifkannya melalui menu pengaturan dan memilih baterai. Biasanya akan muncul menu tersebut dan ada sedikit penjelasannya.

6. Aktifkan Airplane Mode Saat Sinyal Buruk

Saat berada di lokasi atau wilayah yang mempunyai sinyal yang buruk secara otomatis HP akan terus bekerja mencari jaringan sinyal yang baik. Tak jarang HP akan terasa sedikit panas saat bekerja mencari sinyal. Mengaktifkan mode pesawat akan menghentikan pencarian sinyal.

Saat mode pesawat di aktifkan secara otomatis sinyal akan mati dan pengguna tidak dapat menerima notifikasi apapun termasuk panggilan. Ada alternatif lain ialah dengan mematikan data seluler saja. Namun cara ini juga tetap menguras daya baterai walaupun tidak banyak.

7. Membersihkan Cache

Google Play adalah salah satu menu yang cukup banyak menghabiskan baterai HP. Google Play akan secara otomatis menyalurkan komunikasi antara aplikasi dan sistem yang ada pada HP. Pengguna bisa mengurangi pemakaian baterai yang terjadi pada aktivitas ini.

Pengguna cukup masuk ke pengaturan dan pilih Google Play lalu tekan Clear Cache. Membersihkan cache pada tiap aplikasi juga bisa di lakukan di manager aplikasi. Dengan membersihkan cache juga menambah internal memori HP dan kinerja HP menjadi lebih ringan.

Beberapa cara mengatasi baterai cepat habis pada HP di atas bisa dicoba dan di gunakan sehari-hari. Pengguna dapat membandingkan saat melakukan cara tersebut dan tidak. Ada baiknya juga pengguna memeriksa umur baterai dan kapasitas baterai itu sendiri.

 

Baca Juga :

Inilah 3 Cara Menghilangkan Tulisan TikTok Tanpa Aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *