Cara Daftar Vaksin Covid-19 Usia di Atas 18 Tahun

Fonetekno.com Kembali lagi bersama mimin disini, pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas sebuah pembahasan tentang Cara Daftar Vaksin Covid-19 Usia di Atas 18 Tahun.

Program vaksinasi Covid-19 nasional kini mulai menyasar masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun. Sebelumnya pada tahap awal, vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Setelah target nakes terpenuhi, vaksinasi kemudian diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan pekerja sektor publik. Kini, masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas sudah bisa mengajukan diri untuk menjadi penerima vaksin.

Untuk caranya sendiri terdapat pada pembahasan di bawah ini, simak terus ulasannya sampai selesai.

Cara Daftar Online Vaksin Covid-19 Usia di Atas 18 Tahun

Daftar Online Vaksin Covid-19 Usia di Atas 18 Tahun

Vaksin diberikan secara gratis, tanpa pungutan biaya. Masyarakat yang telah divaksin juga akan menerima sertifikat tanda telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Berikut informasi lengkap terkait vaksinasi 18 tahun ke atas, yang telah mulai digulirkan di sejumlah kota.

  1. Jakarta

Kementerian Kesehatan telah memberikan izin pelaksanaan vaksinasi virus corona dengan target masyarakat umum di DKI Jakarta Pendaftaran sebagai peserta vaksinasi dapat dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau link pendaftaran yang disediakan tempat vaksinasi. Adapun vaksinasi dapat dilakukan di seluruh fasilitas vaksinasi DKI Jakarta, salah satunya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pelayanan vaksinasi di RSCM berlangsung setiap hari pukul 08.00-12.00, di Poliklinik Madya RSCM. Untuk mendapatkan layanan vaksinasi, peserta wajib mempunyai KTP DKI Jakarta atau surat keterangan domisili DKI Jakarta.

Baca Juga : Daftar Produk Google Paling Bermanfaat

2. Bandung

Masyarakat umum berusia 18 tahun yang tinggal di Kota Bandung, Jawa Barat, dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi Covid-19 di RSUD Kota Bandung. Pendaftaran vaksinasi Covid-19 di RSUD Kota Bandung dibuka mulai Jumat (18/6/2021). Melalui akun Facebook-nya, RSUD Kota Bandung menyebutkan bahwa persyaratan untuk mendapatkan vaksin adalah memiliki KTP Kota Bandung, atau Surat Keterangan Domisili di Kota Bandung. Formulir pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut https://bit.ly/3wCzfG3. Calon penerima vaksin yang telah terdaftar akan mendapatkan informasi terkait penjadwalan layanan vaksinasi dari Tim Vaksinasi RSUD Kota Bandung. Oleh karena itu, pastikan nomor ponsel yang didaftarkan masih aktif, dan diutamakan memakai WhatsApp.

3. Surabaya

Masyarakat umum berusia 18 tahun yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur dapat mendaftarkan dirinya secara online untuk menerima vaksin Covid-19. Pendaftaran tidak terbatas untuk warga ber-KTP Surabaya saja, tetapi juga terbuka untuk warga luar daerah yang berdomisili di kota tersebut. Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, Dinkes Surabaya telah menyediakan link pendaftaran vaksinasi Covid-19. Bagi warga yang sudah berusia di atas 18 tahun, bisa mendaftar dengan mengakses http://bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun. Febri menjelaskan, setelah mengisi data, warga akan menerima SMS dari Dinkes untuk menginformasikan jadwal pelaksanaan vaksinasi. Oleh sebab itu, warga saat ini tidak perlu datang ke Puskesmas setempat untuk menanyakan jadwal vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : Cara Daftar Gmail Terbaru

4. Semarang

Warga Jawa Tengah berusia 18 tahun yang tinggal di Kota Semarang dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 gratis. Vaksinasi bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan No 9 Semarang. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Agung Kristiyanto mengatakan, kuota vaksinasi per hari sekitar 1.000 orang. Vaksinasi dilakukan setiap hari Senin-Jumat pukul 07.00-14.00 WIB, dan pelaksanaannya dilakukan hingga Desember 2021. Cara untuk mendapatkan vaksinasi ini cukup mudah, yakni datang ke lokasi dan mengambil nomor antrean. Calon penerima vaksin perlu membawa KTP Jateng atau surat domisili Jateng dari RT setempat.

5. Yogyakarta

Rumah Sakit Bethesda dan Panti Rapih membuka vaksinasi Covid-19 gratis untuk warga Kota Yogyakarta. Kepala Humas Rumah Sakit Panti Rapih Maria Vita mengatakan, vaksinasi dimulai sejak 6 Juni 2021, dan diprioritaskan bagi warga yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Pendaftaran dilakukan minimal H-1 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 514004 atau 514008. Kuota vaksinasi per hari di RS Panti Rapih sebesar 150 orang, dan dilaksanakan mulai pukul 07.30-10.00 WIB. Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Marketing RS Bethesda, Adiatno Priambodo mengatakan RS Bethesda memulai vaksinasi untuk pra lansia, lansia, dan pelayanan publik di Kota Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2021.

Pendaftaran vaksinasi dilakukan H-3 atau maksimal H-6 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 521249, 521250. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone yakni Mobile RS Bethesda.

Baca Juga : Cara Menambah Kapasitas Google Drive

Kuota vaksinasi tiap harinya di RS Bethesda sebanyak 100 orang. Calon penerima vaksin wajib membawa KTP dan persyaratan lain yang dibutuhkan, seperti surat keterangan kerja, atau fotokopi kartu anggota untuk ASN, TNI, Polri, atau guru.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai judul di atas, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa bertemu kembali dalam pembahasan yang lain.
Sekian dari mimin, terimakasih banyak sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *