Bagaimana Cara Ganti Prosesor Laptop

23 Mar

Bagaimana Cara Ganti Prosesor Laptop, Simak Penjelasannnya!

Siapa yang laptopnya jadul dan sering mengalami kendala ketika di gunakan? Sudah pasti membuat darah tinggi bukan? Sebetulnya ada solusi ampuh untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan cara ganti prosesor. Metode ini sudah sering di gunakan, namun jarang ada yang mau mencobanya.

Singkatnya, penggantian prosesor akan membantu kinerja laptop menjadi lebih gesit. Bayangkan saja, laptop yang jalannya seperti siput saat di gunakan bisa berubah menjadi citah yang larinya paling cepat. Oleh karenanya, simak uraian berikut ini dengan seksama:

Pengertian Prosesor

Processor disebut sebagai inti motherboard, hal ini juga berlaku pada laptop. Prosesor memiliki ukuran yang kecil dan berfungsi untuk memproses perintah yang di berikan user pada laptop. Jadi bila salah memilih jenis prosesornya, secara tidak langsung laptop akan terpengaruhi.

Terutama bagi pengguna yang memanfaatkan komputer untuk melakukan perhitungan, pemilihan prosesornya haruslah yang berkualitas tinggi. Pasalnya kinerja ALU dipengaruhi oleh penggunaan prosesor. Jadi bila menginginkan perhitungan ALU yang baik, harus di sertai dengan penggantian prosesor.

Cara Ganti Prosesor yang Tepat Sesuai Prosedur

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, sebagai user menyamakan antara kebutuhan dan alat penunjang yang di gunakan adalah keharusan. Bila benar-benar sudah menentukan melakukan penggantian prosesor, maka bisa langsung berproses dengan mempelajari langkah-langkahnya.

Sebetulnya membongkar laptop secara mandiri tidak masalah di lakukan, asalkan tidak merubah tatanan yang ada di dalamnya. Jika tidak menguasai dunia komputer, ada baiknya menghindari pembongkaran ini karena bisa berbahaya jika tidak tahu mana bagian vital dan mana bagian yang aman.

Pada penjelasan ini cobalah pahami langkah-langkahnya, sehingga bisa memprediksi apakah bisa melakukannya sendiri atau justru memerlukan bantuan. Berikut ini langkah-langkah yang umumnya di lakukan saat melakukan penggantian prosesor:

  • Upayakan melakukan pemeriksaan pada bagian socket.
  • Pilihlah jenis prosesor yang sesuai dengan laptop.
  • Lakukan update pada BIOS guna melakukan pendeteksi dini prosessor baru.
  • Berikutnya, bersihkan bagian socket dari debu dan kotoran lainnya sebelum berlanjut pada tahapan selanjutnya.
  • Sediakan terlebih dahulu termal phrase untuk menstabilkan suhu.
  • Ganti processor dengan membuka lubang utama, lakukan perlahan-lahan agar tidak merusak prosessor yang lama.
  • Pasang processor baru pada bagian yang sama, untuk menggantikan prosesor yang lama tersebut.
  • Nyalakan komputer kemudian cobalah untuk melakukan install sistem operasi baru.
  • Guna membedakan bagaimana rasanya processor lama dan baru, cobalah gunakan laptop untuk melakukan pekerjaan berat secara bersamaan.

Bagaimana Cara Ganti Prosesor Laptop.

Bagaimana Cara Ganti Prosesor Laptop

Keuntungan Melakukan Update Prosesor Baru

Setelah melakukan update prosesor tentu akan terjadi banyak perbedaan pada kinerja laptop. Memang dengan mengganti dengan sensor yang peka, maka laptop akan menjadi peka juga. Berikut ini kelebihan yang bisa di peroleh saat penggantian prosesor:

  • Kinerja komputer/laptop meningkat.
  • Pemrosesan informasi pada komputer berlangsung lebih cepat.
  • Perintah yang di berikan setiap komponen komputer tepat dan cepat.
  • Performa komputer dua kali lipat lebih bagus.
  • Menunjang keberlangsungan kegiatan spesifik komputer.
  • Meningkatkan perhitungan alofaritma.
  • Komponen-komponen laptop jauh lebih spesifik.
  • Menghindari laptop dari pengulangan perintah yang sama.

Dinilai dari kelebihannya memang penggantian prosesor ini sangatlah menarik. Seseorang yang pekerjaanya mengandalkan laptop, perlu mempertimbangkan keunggulan-keunggulan. Di samping laptop menjadi dua kali lebih berfungsi, manfaatnya juga bisa langsung di rasakan dengan mengganti prosesor.

Kekurangannya penggantian prosesor ini perlu pertimbangan yang matang. Coba dulu dengan mencari tahu harga mengenai prosesor yang akan di gunakan. Harga yang di tawarkan setiap prosesornya berbeda-beda, tidak bisa di samakan antara jenis yang satu dengan lainnya.

Bila memungkinkan, reset saja sedari dini mengenai harganya dan ukur batas kemampuan dalam membelinya. Jika sudah menentukan mana jenis prosesor yang sesuai dengan kantong, bisa langsung mencoba langkah-langkah di atas pada cara ganti prosesor.

Baca Juga :

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik.

Aplikasi Baca Manga Terbaik Bahasa Indonesia yang Wajib Dicoba.

7 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Online yang Bisa Dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *