Aplikasi O2 Meter Terbaru

Fonetekno.com Berjumpa kembali bersama mimin yang punya kawasan, pada hari ini mimin akan mengulas sebuah pembahasan tentang Aplikasi O2 Meter Terbaru.

Saat pandemi penyakit virus corona baru (COVID-19), kita pun ikut melihat bangkitnya fenomena disinformasi dan distribusi hoaks yang tidak kalah berbahaya. Bisa dibilang, selain pandemi, dunia pun juga berperang menghadapi infodemik, fenomena yang juga dapat merenggut nyawa jika dibiarkan!

Salah satu hoaks yang beredar adalah adanya aplikasi yang dapat membuat HP jadi oksimeter atau pengukur oksigen dalam darah. Beredar di media sosial, aplikasi O2 Meter pada HP Android dikatakan bisa membuat HP jadi oksimeter akurat! Benarkah begitu?

Unduh Aplikasi O2 Meter Terbaru

Aplikasi O2 Meter Terbaru

Apa itu oksimeter?

Pulse oximeter atau yang kita sebut oximetry dan oksimeter adalah alat untuk mengukur kadar dan saturasi oksigen (Sp02) dalam darah tanpa harus memasukkan alat ke dalam tubuh (non-invasif). Melansir Medicalogy, alat ini sering dipakai untuk mengukur SpO2, terutama di keadaan gawat darurat, seperti:

  • Selama atau setelah operasi dan prosedur lain yang melibatkan pemberian obat penenang
  • Pengaturan pemberian bantuan oksigen tambahan
  • Memantau efektivitas obat paru-paru
  • Memantau daya tahan individu terhadap peningkatan beban aktivitas
  • Memastikan intervensi bantuan pernapasan atau memantau kinerja ventilator
  • Memantau apakah pasien mengalami henti napas saat tidur (sleep apnea)

Baca Juga : Aplikasi Hack Akun FF LZ H4X Menu V2

Selain keadaan darurat ini, oksimeter juga digunakan untuk memantau pasien yang terserang kondisi yang memengaruhi SpO2, seperti COVID-19, serangan jantung, anemia, kanker paru, asma, pneumonia dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Hasil pengukuran oksimeter digambarkan dalam persentase, dan sensornya berupa penjepit pada jari tangan. Sensornya dibekali inframerah, sehingga pengukuran SpO2-nya pun amat sensitif dan akurat.

Cara kerja oksimeter secara umum

Pulse oximeter mengukur kadar oksigen dengan memeriksa hemoglobin dan denyut alami aliran darah pembuluh arteri. Karena hemoglobin dapat menyerap cahaya, oksimeter dilengkapi dengan sumber dan pendeteksi cahaya, serta mikroprosesor untuk memantau hemoglobin.

Satu sisi oksimeter memiliki sumber cahaya merah dan inframerah. Dua cahaya tersebut disebarkan ke jaringan tubuh dengan pendeteksi cahaya di sisi lain oksimeter. Hemoglobin yang kaya oksigen pasti menyerap lebih banyak inframerah, dan yang kekurangan oksigen akan menyerap cahaya merah.

Mikroprosesor pada oksimeter digunakan untuk menghitung perbedaan kadar oksigen dan mengonversinya ke nilai digital. Selain SpO2, denyut jantung juga akan ditampilkan pada layar. Jika SpO2 berkisar 95-100 persen, maka hasilnya normal. Namun, jika turun hingga di bawah 85 persen, cepat cari bantuan medis.

Sebelum memakai pulse oximeter, ingat hal-hal berikut:

Baca Juga : YouTube Biru Apk for Android

  • Apakah pasien butuh pengukuran SpO2 sekali saja atau secara kontinu? Jika sekali, maka oksimeter bisa dilepaskan sesudah pengukuran selesai.
  • Singkirkan hal-hal pada area pengukuran yang bisa menyerap cahaya. Digunakan di jari, singkirkan hal-hal seperti cat kuku agar pengukuran tetap akurat.
  • Hangatkan area yang akan diukur dengan oksimeter, karena suhu dingin menyebabkan aliran darah tidak lancar dan memengaruhi kalkulasi.
  • Pastikan tak ada gangguan secara eksternal. Jika terpapar cahaya terlalu terang, maka sensor cahaya oksimeter tidak bekerja, sehingga pengukuran tidak optimal.

Jika sudah, oksimeter dapat dijepitkan pada jari tangan. Baringkan tangan di dada, tepat di atas jantung. Saat oksimeter bekerja, diharapkan tubuh tidak banyak bergerak.

Medicalogy memperingatkan bahwa penggunaan oksimeter tidak bekerja pada perokok. Ini karena oksimeter tidak dapat membedakan SpO2 dengan kepekatan karbonmonoksida pada hemoglobin. Oleh karena itu, berhentilah merokok demi kesehatanmu sendiri!.

Mengenai aplikasi O2 Meter

Lalu, apakah informasi yang beredar mengenai O2 Meter? Berikut informasi yang tersebar mengenai aplikasi O2 Meter di platform WhatsApp:

“Sekedar sharing yg sangat membantu saat kondisi seperti sekarang .. harga Oxymeter yg naik.

Yang ga punya oxymeter…ada solusinya..

Baca Juga : Call Me If You Get Lost Template Aplikasi Musik Terbaru

Gunakan HP dan Camera HP kita untuk mengukur

  • Oxygen Saturation
  • Respiration Rate
  • Blood Pressure
  • All vital Signs

Nempel camera nya ga usah di jari, di tangan pergelangan tangan baiknya seperti jam tangan.

Utk yg butuh cepat mengukur saturasi oksigen dalam darahnya, ada aplikasi namanya 02 meter.

Unduh O2 Meter Apk.

Silahkan dicoba, hasilnya kurang lebih sama dengan Oxymeter.

Dapat ditemukan di Play Store, O2 Meter adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Animesh Jana. Dengan rating 3.9 dari 5 dan di-install hingga lebih dari 100.000 kali, beberapa komentar pun “bersaksi” mengenai keampuhan O2 Meter dalam mendeteksi SpO2 dalam darah.

Cara kerja Aplikasi O2 Meter

Tertera pada deskripsi aplikasi, O2 Meter dapat menguji level SpO2 di mana saja. Hanya berbekal kamera HP dan tanpa internet, O2 Meter dapat memproses gambar denyut nadi dan kadar oksigen dalam darah! Bagaimana cara pakainya?

Letakkan ujung jari di atas lensa kamera belakang HP
Agar pembacaan lebih akurat, jangan menekan jari ke lensa kamera karena dapat mengganggu sirkulasi darah.

Silahkan unduh aplikasinya disini.
Atau link alternatif disini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai judul di atas, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa bertemu kembali dalam pembahasan yang lain.
Sekian dari mimin, terimakasih banyak sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *