Beberapa Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut

27 Apr

Fonetekno.com hai sahabat media kembali lagi bersama admin. Kali ini admin akan membagikan informasi tentang Beberapa Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut. Untuk selengkapnya yuk simak artikelnya di bawah ini.

Saluran pencernaan secara alami memproduksi gas untuk melancarkan kerja sistem pencernaan. Angin yang berlebihan dalam perut umumnya bikin perut kembung, mual, dan begah.

Cara mengeluarkan angin dalam perut bisa di lakukan secara alami atau tanpa bantuan obat sama sekali. Keluhan yang timbul saat ini kelebihan angin dalam perut biasanya, banyak sendawa (kelebihan angin di lambung), kentut (kelebihan angin di saluran pencernaan bawah), perut kembung, dan nyeri atau perasaan tidak nyaman pada perut. Gejala kelebihan angin dalam perut ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Nah, berikut caranya.

Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut

1. Mandi air hangat

Relaksasi itu dapat mengurangi tingkat stres. Ini memungkinkan saluran pencernaan berfungsi lebih efektif dan membantu mengurangi kembung.

2. Minum air putih

Saat terjadi retensi air, biasanya tubuh akan menahan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan kembung. Di sarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan, untuk menandakan bahwa tubuh tidak perlu menahan air yang menyebabkan kembung.

3. Hindari konsumsi gas

Hindari makanan berlemak yang bisa memperlambat pencernaan dan pengosongan lambung. Minuman bersoda juga bisa membuat kondisi perutmu yang kembung semakin memburuk, sehingga menyebabkan munculnya gas berlebih.

4. Memijat perut

Cara mengeluarkan angin dalam perut ini di lanjutkan dengan mengusap memutar, menggunakan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Usap lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri. Bergerak perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri dan ulangi seperlunya.

5. Minum teh

Minum teh akan membantu mengurangi dehidrasi yang menyebabkan perut kembung. Teh mengandung thearubigin yang dapat mengurangi gangguan pencernaan daan theaflavin yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi pencernaan dari tukak lambung.

6. Berjalan santai

Berjalan santai selama 15 menit dapat membantu makanan bergerak dan di cerna dengan mudah oleh usus. Berjalan santai juga bisa menjadi cara mencegah sembelit.

7. Konsumsi yoghurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik, bisa meredakan perut kembung. Untuk khasiat mengusir kembung yang lebih cepat, kalian bisa mengkonsumsi yoghurt dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya.

8. Jahe

Jahe mengandung enzim pencernaan bernama zingibain, yang dapat membantu tubuh memecah protein. Cara ini sangat ampuh untuk melawan gas berlebih di dalam perut, karena dapat memberikan efek relaksasi. Setelah mengkonsumsi jahe dapat menenangkan usus, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu makanan mudah di cerna serta mengurangi produksi gas dalam perut.

9. konsumsi obat pencernaan yang di jual bebas atau tanpa resep

10. Hindari kegiatan yang dapat meningkatkan tertelannya udara berlebih seperti merokok, mengunyah permen karet

11. Aplikasikan kompres hangat pada perut

12. Nanas mengandung enzim bromelain yang berperan dalam membantu proses pencernaan

13. Hindari pemanis buatan

Penutup

Nah, demikian informasi yang admin sampaikan semoga bermanfaat. Jangan lupa kinjungi terus website kami fonetekno.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *