7 Cara Agar Jaringan 4G Full Stabil Anti Lemot

7 Cara Agar Jaringan 4G Full Stabil Anti Lemot

Mungkin pernah suatu ketika sinyal di HP mendadak timbul hilang sehingga mengganggu kenyamanan pengguna ketika mengakses internet atau sedang berkomunikasi. Hal itu bisa terjadi karena jaringan sedang tidak optimal. Untuk mengatasinya, ada cara agar jaringan 4G full stabil tanpa lemot.

Beberapa cara ini bisa di katakan sederhana dan yang bisa di coba sendiri tanpa perlu mempersiapkan alat atau membawa HP ke jasa servis. Untuk itu, simak 7 cara mudah dan cepat untuk membuat jaringan HP bisa stabil dan terhindar dari istilah lemot.

1. Melakukan Restart dan Airplane Mode

Tindakan sederhana yang mungkin perlu di lakukan sesekali bila HP sedang mengalami error atau sinyal yang kurang bagus adalah dengan restart. Proses ini di lakukan untuk memuat ulang atau memulai kembali menyalakan sistem dan komponen di HP agar bisa berfungsi dengan semestinya.

Pengguna juga bisa menerapkan airplane mode selama beberapa detik saja lalu menonaktifkannya untuk membiarkan sinyal kembali stabil seperti yang diharapkan. Terkadang cara ini efektif terutama bila sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mematikan HP, misalnya sedang online meeting penting.

2. Mengisi Baterai

Ketika daya baterai HP tersisa kurang dari 20% juga bisa menjadi penyebab jaringan tidak bisa optimal karena aktifnya mode hemat daya. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja sistem HP yang membuat koneksi jaringan tidak stabil. Jadi, sebaiknya segera lakukan pengisian daya.

3. Memilih Provider sesuai Lokasi

Bila jaringan di HP masih tidak stabil, maka coba cek apakah provider yang digunakan sudah mendukung 4G di lokasi tersebut. Sejauh ini kemungkinan jangkauan sinyal 4G belum menyebar secara merata di beberapa daerah tertentu, maka cari provider yang mendukung sesuai lokasi.

4. Mengecek Pengaturan Jaringan

Ada pula cara agar jaringan 4G full adalah dengan mengecek pengaturan tipe jaringan melalui menu Settings yang tersedia di HP masing-masing. Pastikan untuk mengatur tipe jaringan pada pilihan 4G atau LTE, selanjutnya bila perlu lakukan restart HP untuk mengoptimalkan perubahan ini.

 

7 Cara Agar Jaringan 4G Full Stabil Anti Lemot.

7 Cara Agar Jaringan 4G Full Stabil Anti Lemot

5. Memindah atau Mengganti SIM Card

Kebanyakan HP saat ini sudah mendukung penggunaan dual SIM card, untuk itu pengguna perlu memahami bahwa posisi slot bisa mempengaruhi sinyal. Coba pindahkan SIM card utama (yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses internet) ke posisi di slot 1.

Bila cara tersebut masih belum berhasil bisa jadi SIM Card yang dimiliki merupakan versi lama yang belum mendukung teknologi 4G. Untuk bisa mengakses internet di jaringan 4G dengan lancar, sebaiknya langsung mengajukan penggantian SIM card dengan datang ke gerai provider.

6. Memilih Case HP

Menggunakan case bisa berguna untuk melindungi HP dari benturan yang mencederai komponen atau sekadar aksesoris agar HP tampak lebih keren. Sebaiknya hindari penggunaan hardcase yang berbahan metal ataupun magnet karena bisa menjadi faktor yang menghambat sinyal HP jadi tidak stabil.

7. Mencoba Berpindah Lokasi

Hal lain yang mungkin bisa mempengaruhi kekuatan sinyal adalah lokasi pengguna yang berada di ruangan tertutup atau terlalu jauh dari kota. Untuk mengatasinya pengguna bisa coba untuk berpindah ke lokasi yang lebih terbuka, ke area yang lebih tinggi, atau mendekati pusat kota.

Demikian beberapa cara agar jaringan 4G full secara mudah tanpa perlu mempertimbangkan ke service center atau bahkan membeli HP baru. Adapun cara tersebut cukup sederhana tetapi berguna untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna sehingga bisa kembali menggunakan HP tanpa hambatan sinyal lemot.

Baca Juga :

Manfaat Menghubungkan Instagram ke Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *